Sumur Laut di Sulawesi Selatan Airnya Jernih Begitu Menggoda

LAZONE.ID - Ada lubang yang cukup besar di tepi Pantai Donggala, di Sulawesi Tengah. Bentuknya seperti sumur dan airnya biru kehijauan bening.

Sumur laut yang berada di Pantai Donggala ini memiliki bentuk seperti sumur raksasa yang ada di Lembah Bada. Untuk menandakan bahwa sumur ini merupakan kawasan wisata, pembatas berupapagar pun telah dibangun disekitar sumur. Apabila pengunjung melongok ke dalam sumur, maka air biru kehijauan bening akan terlihat dengan jelas.

Donggala, hanya sebuah kota kecil di utara Kota Palu. Obyek wisata pantai ini, terletak persis di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala. Jika ditempuh darat menggunakan kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil dari Banawa ibu kota Kabupaten Donggala hanya berjarak 12 kilo meter. Sedangkan jika ditempuh dari Palu ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, dengan kendaraan bermotor yang sama hanya berjarak 46 kilo meter, dengan durasi waktu yang diperlukan tidak kurang dari 45 menit perjalanan.



Sumur yang memiliki diameter sekitar 10 meter dan kedalaman 7 meter ini terbentuk secara alami. Menurut penuturan penduduk sekitar, ada lubang yang menghubungkan antara sumur dengan laut, sebab air sumur ini rasanya asin seperti air laut.

Di lokasi Sumur Laut terdapat pula partai berpasir putih yang indah untuk berjemur menikmati sinaran surya yang hangat dan pepohonan yang rindang tentunya sangat sejuk untuk dinaungi saat anda berkunjung ke sana. Keindahan Sumur Laut memang tidak terbantahkan lagi. Oleh sebab itu, wisata pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, mulai dari wisatawan lokal dalam negeri hingga wisatawan luar negeri jika hari-hari libur tiba. Bisa berenang di sana pula!