Sungai Alas, Sungai Menantang Bagi Pecinta Arung Jeram

LAZONE.ID - Sungai ini dikelilingi hutan tropis yang liar

Bro, lo pecinta arung jeram? udah pernah cabut ke Sungai Alas belum? wah kalo belum lo wajib ke sana nih. Sungai Alas merupakan sungai terpanjang di Provinsi Aceh yang mengalir membelah Taman Nasional Gunung Leuser sampai berujung di Samudera Hindia.

Buat lo yang pemula dan mau mencoba arung jeram, lo bisa mencicipi derasnya Sungai Alas dari Muarasitulan di Kota Kutacane sampai ke Kota Gelombang. Nah, kalo lo udah profesional, lo bisa memulai petualangan yang lebih jauh, yaitu dari Angusan dekat Blangkejeran.

Dalam arung jeram, ada tingkat kesulitan atau grade sungai. Grade paling gampang yaitu 1, sedangkan yang paling susah ialah grade 6. Sungai Alas sendiri, gradenya adalah grade 3 dan 4.

Sungai Alas, Sungai Menantang Bagi Pecinta Arung Jeram

Di grade 3, ada riam-riam yang diikuti gelombang-gelombang yang enggak bakal lo duga. Lo butuh manuver buat menghindar dari rintangan. Kalo di grade 4, Jeram udah mulai susah dan mulai sambung menyambung.

Bayangin, di situ gelombang air bisa mencapai 2 meter dengan variasi kelokan yang tajam. Jadi bro, lo harus bisa mengambil keputusan dengan cepat untuk bermanuever.

Enggak cuma itu, hutan tropis di kiri dan kanan sungai menambahkan suasana yang liar. Kalo lo beruntung, lo bisa ngeliat hewan yang lagi minum di tepi sungai, seperti monyet, gajah, burung dan rusa. Kegiatan arung jeram di Sungai Alas bisa memakan waktu 6 jam.

Tapi lo enggak usah khawatir, ada beberapa titik aru Sungai Alas yang cukup tenang kok. Bagi lo yang suka arung jeram dan punya jam terbang cukup, wajib deh cobain arung jeram di Sungai Alas.