Surga Itu Bernama Wakatobi

LAZONE.ID - Loe yang suka diving dan ke pantai wajib datang ke Wakatobi. Saingannya Raja Ampat nih.

Wakatobi merupakan kabupaten yang menjadi taman nasional dan terletak di Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi adalah singkatan dari 4 nama, yaitu Wangi-wangi, sebagai ibukota, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Menuju ke sana dari Jakarta, bisa langsung terbang ke Wangi-wangi dan lanjut naik boat mengelilingi pulaunya. Atau bisa juga terbang dari Makassar.

Wakatobi ini sebanarnya taman nasional. Sama halnya kayak pulau-pulau di belahan timur Indonesia, Wakatobi didominasi oleh air laut yang biru dan jernih, pantai berpasir putih, terik matahari, dan terumbu karang serta ikan warna-warni.



Kekayaan lautnya nggak main-main bro. Terdapat lebih dari 112 jenis karang yang tersebar di 25 gugusan terumbu karang, 93 jenis ikan, dan beberapa jenis burung laut. Pun terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia!

Yang unik di Wakatobi, loe bisa bertemu ikan paus sperma (Physeter macrocephalus), saat bulan November. Ikan manta yang ukurannya besar-besar juga hidup di bawah perairan lautnya.

Ada sekitar 29 titik menyelam di Wakatobi, salah satunya adalah Pulau Hoga di Kalidupa. Terumbu karang di sini berwarna-warni dan air lautnya sangat jernih. Para penyelam dan wisatawan yang pernah ke sini, pasti sepakat menyebut Wakatobi dengan satu kata. Surga.