Tahu Nggak Bro, Ada Desa Terapung di Belanda

LAZONE.ID - Desa terapung yang nggak bisa didatangi naik mobil, motor atau berjalan kaki. Naik perahu kemana-mana bro!

Selama ini Belanda cuma terkenal dengan hamparan bunga tulip dan kincir angin. Nggak cuma itu lho, Belanda punya juga Desa Giethoorn di Provinsi Overijssel. Rumah-rumahnya dipisahkan oleh air, alias desa ini desa terapung.

Desa Giethoorn berada sekitar 114 km dari Amsterdam. Rumah-rumah di sana dipisahkan oleh kanal yang panjang bro, sepanjang 7,5 km dengan kedalaman sekitar 1 meter saja. Sejarahnya, rumah-rumah di sana sudah ada sejak tahun 1230 dan masih dihuni penduduk sampai sekarang, dengan jumlahnya 2.000 orang.
 


Maka nggak heran, transportasi di sana adalah perahu boat. Orang sana mau kemana-mana naik boat. Kalau di Jakarta, kita lihat mobil atau motor yang ada di garasi orang, maka penduduk Desa Giethoorn, di depan rumahnya ada perahu boat yang terparkir.

Desa ini pun terkenal dengan ketenangan. Taip rumah juga memiliki taman dengan penuh rerumputan, pohon dan bunga. Oh iya, perahu boat di sini suaranya nggak bersik, jadi suasananya tetap terjaga.

Turis yang sudah ke sana, menyebut Desa Giethoorn adalah desa terapung yang unik. Cocok banget untuk berlibur dan menghilangkan kepenatan. Damai banget.