Tahu Nggak Loe Ada Kerajaan Kupu-kupu di Sulawesi Selatan

LAZONE.ID - Sulawesi Selatan nggak hanya terkenal sama pulau-pulau kecil atau pantai-pantai saja. Di Taman Nasional Bantimurung, loe bisa datang ke kerajaan kupu-kupu

Jalan-jalan ke Sulawesi Selatan tepatnya di sekitar Makassar, sempatkanlah mampir di Taman Nasional Bantimurung yang terletak di Kabupaten Maros dan berjarak kurang lebih 42 km dari kota Makassar. Alam yang indah, air terjun dan tebing-tebing terjal meyambut kedatangan kita.

Taman Nasional ini memang menonjolkan kupu-kupu sebagai daya tarik utamanya. Nggak heran kalau peneliti di zaman dulu, Alfred Russel Wallace menghabiskan sebagian hidupnya di kawasan tersebut untuk meneliti berbagai jenis kupu-kupu. Wallace menyatakan Bantimurung merupakan The Kingdom of Butterfly (kerajaan kupu-kupu). Menurutnya di lokasi tersebut terdapat sedikitnya 250 spesies kupu-kupu.

Di dalam Museum Kupu-kupu, kita akan mendapat informasi bagaimana rupa kupu-kupu di sana. Warnanya beragam, sayapnya ada yang warna biru, kuning dan merah. Di hutan-hutannya, kupu-kupu juga mudah ditemukan. Cantik bro!

Lokasi wisata ini juga memiliki dua buah gua yang bisa dimanfaatkan sebagai wisata minat khusus. Kedua gua itu adalah Gua Batu dan Gua Mimpi. Air Terjun Bantimurung juga cakep buat didatangin. Main basah-basahan di aliran airnya yang jernih.

Taman Nasional Bantimurung juga punya Taman Kupu-Kupu dimana selain berfungsi untuk kepentingan konservasi jenis kupu-kupu, Taman Kupu-Kupu ini juga merupakan wahana pendidikan dan konservasi bagi masyarakat umum. Jadi Sulawesi Selatan, nggak cuma pantai dan pulau-pulau aja bro!