Takabonerate, Maladewa-nya Indonesia

LAZONE.ID - Atol terindah ketiga di dunia, setelah Maladewa dan Marshall Island

Bicara tentang keindahan dunia bawah laut, Indonesia memang juaranya. Mungkin selama ini loe cuma kenal Raja Ampat di Papua Barat, tetapi Takabonerate di Sulawesi Selatan nggak kalah menakjubkan. Inilah atol alias kumpulan terumbu karang yang berbentuk melingkar dan menyerupai cincin.

Takabonerate lokasinya di ujung selatan Sulawesi Selatan. Naik mobil dulu dari Makassar ke Bulukumba selama 5 jam. Lanjut, naik kapal 2 jam ke Kepulauan Selayar. Terus terakhir, naik kapal lagi selama 4 jam dari sana. Capek sih, tapi pengorbanannya terbalas impas!



Takabonerate ini merupakan taman nasional, dengan 18 pulau yang mana hanya 7 yang berpenghuni. Sisanya, adalah atol-atol yang indah. Bayangin aja, terumbu karang di sana membentuk cincin dan melingkar. Di tengah-tengahnya ada danau atau laguna. Kala sedang surut, di sekitarnya akan muncul pasir putih yang dikenal dengan nama gosong.

Loe bisa nyebur ke danaunya, dan menyelam. Lihatlah terumbu karangnya yang berwarna-warni dan berbagai bentuk. Total ada 26 titik diving di sana, yang kabarnya masih banyak lokasi diving tapi belum dipetakan. Salah satunya yang unik, adalah Lembaran Daun di Taka Gantarang. Terumbu karangnya, bentuknya seperti daun besar dan berwarna hijau.

Soal penginapan, hanya ada homestay saja. Harga menginapnya sekitar Rp 200-300 ribu per malam. Silakan loe cari informasi tentang atol terindah di dunia, Takabonerate pasti masuk salah satunya.
 


Saking indahnya Takabonerate, turis-turis yang sudah datang ke sana menyandingkannya dengan Maladewa karena di sana banyak atol juga. Pantai pasir putih, air laut jernih dan terumbu karang yang indah. Coba saaat loe naik pesawat Makassar, tengok keluar jendela saat sudah mau mendarat. Loe akan lihat gugusan atol di laut, itulah Takabonerate.