Tanah dan Batu Berbentuk Gelombang yang Cakep

LAZONE.ID - Di Arizona di Amerika Serikat ada suatu lahan luas dinamai The Wave. Tanah dan batu di sana terlihat bergaris-garis seperti ditempa gelombang.

Letak Arizona jauh dari lautan. Meski demikian, terjangan gelombang telah ikut membentuk dataran Arizona. Hanya saja, gelombangnya bukanlah gelombang laut, melainkan gelombang angin. Akibatnya bentukan batu karang sepanjang perbatasan Arizona – Utah, yang dikenal dengan julukan The Wave atau gelombang

Seperti juga air, es, dan gravitasi, angin merupakan salah satu mekanisme alamiah yang bisa menggerus permukaan bumi secara terus menerus. Dalam iklim yang kering, angin merupakan sumber primer erosi.



Dalam pembentukan batu paras di wilayah The Wave, erosi oleh angin terjadi melalui abrasi. Angin mencungkil sejengkal batu paras dan mengempaskannya ke arah karang, kemudian membentuknya menjadi "pahatan" berupa garis-garis yang indah.

The Wave merupakan bagian dari The Coyote Buttes di Paria Canyon-Vermillion Cliffs Wilderness. Kalau anda ingin menyaksikan keajaiban ini, bersiaplah untuk berjalan kaki sekitar 4,8 kilometer di gurun. Pembentukan batu paras di The Wave sudah lebih dari 200 juta tahun, yang awalnya berupa gurun pasir dengan bukit-bukit pasir tinggi. Garis-garis yang berwarna indah berasal dari zat besi dan mangan yang mengendap di air tanah dan kemudian mengalir ke permukaan batu paras. Zat kalsit ikut menambah tekstur dan warna batu.