Tau Nggak, Pura yang Ada di Uang Rp 50.000

LAZONE.ID - Pura Ulun Danu Beratan di Bali sangat terkenal. Buka uang Rp 50.000 loe, pura inilah yang ada di gambar itu bro!

Pura Ulun Danu Beratan berada di Daerah Tujuan Wisata (DTW) Ulun Danu Beratan Bedugul, Candikuning, Barutiti, Tabanan, Bali. DTW Ulun Danu Beratan sendiri buka pukul 08.00 – 18.00 WITA yang rata-rata ratusan pengunjung datang ke sini tiap hari.

Pura Ulun Danu Beratan ini emang cakep. Lokasinya ada di tepi Danau Beratan yang menghadap ke arah danau. Di sekelilingnya terdapat perbukitan hijau yang seolah-olah mengepungnya. Nggak heran sih bro, kalau pemandangan yang ciamik ini layak diabadikan. Buktinya, jadi gambar yang ada di uang Rp 50.000.



Sejarah Pura Ulun Danu Beratan tercantum dalam kisah Lontar Babad Mengwi, yang menyebutkan I Gusti Agung Putu sebagai pendiri pada Tahun Saka 1556 (1634 Masehi). Pura Ulun Danu Beratan terdiri atas lima kompleks pura dan satu stupa. Di antaranya Pura Penataran Agung, Pura Dalem Purwa, Pura Taman Beiji, Pura Lingga Petak, Pura Prajapati, dan Stupa Buddha.

Tiket masuk ke DTW Ulun Danu Beratan untuk wisatawan lokal dewasa Rp 10 ribu dan Rp 7.500 untuk anak-anak. Sedangkan wisatawan asing dewasa Rp 30 ribu dan Rp 15 ribu untuk anak-anak. Selain foto-foto, juga bisa sewa kapal untuk keliling pulaunya. Tenang banget bro suasananya di sini.

DTW Ulun Danu Beratan berjarak sekira 65Km dari Kota Denpasar atau menempuh perjalanan sekira 2 jam menggunakan sepeda motor atau mobil. Pura ini berada di ketinggian 1.239 mdpl yang membuat udaranya cukup dingin.