Tempat di Antartika Dijuluki Tanah Planet Mars

LAZONE.ID - Dry Valleys atau lembah kering merupakan salah satu lembah di Antartika. Uniknya lembah di sana kering dan dibilang kayak di tanah planet Mars.

Dry Valleys atau lembah kering adalah sebuah daerah di antartika yang tidak ditutupi oleh lapisan es beku abadi yang pada umumnya menjadi ciri khas daerah antartika. Di lembah ini tidak ada curah hujan lebih dari 2 juta tahun.

Dasar lembahnya berupa es yang beku dan dasar esnya sangat tebal. Namun, pada bagian permukaannya terlihat tandus. Selain itu, berbeda dengan es lainnya, es di daratan tersebut juga konon rasanya sangat asin. 



Penyebab terbentuknya Dry Valleys adalah karena angin Katabatic dengan kecepatan 200 mil per jam yang segera menguapkan semua air yang ada. Sampai saat ini para peneliti sepakat bro, kalau Dry Valleys mirip seperti kontur tanah di Planet Mars.

Benua antartika bukan merupakan daerah yang tidak berpenghuni, benua ini boleh dibilang berpenduduk paling sedikit dibanding benua yg ada dibumi. Luas dari dry valleys mencakup 0.03 persen dari luas benua antartika, sebagaimana diketahui sekitar 14 juta kilometer persegi dari total luas benua Antartika, terselimuti salju yang ketebalannya bisa mencapai 2000 meter bahkan 4.800 meter.