Tempat Paling Banyak Petir di Dunia, Ngeri

LAZONE.ID - Sebuah wilayah di Venezuela, di mana Sungai Catatumbo bertemu dengan Danau Maracaibo, kita akan bisa melihat petir hampir setiap hari.

Sebuah wilayah di Venezuela, di mana Sungai Catatumbo bertemu dengan Danau Maracaibo, kita akan bisa melihat petir hampir setiap hari. Fenomena alam menakjubkan itu dijuluki "badai sepanjang masa" atau Relampagno del Catatumbo. Akibat badai tersebut, petir terjadi jauh lebih sering daripada di area lain.

Menurut ilmuwan, di sana petir terjadi selama 160 malam dalam setahun hingga 10 jam dalam semalam. Per jam, ada sekitar 230 petir yang terjadi. Dengan demikian, dalam setahun ada 1,2 juta petir.



Petir atau kilatan cahaya yang terjadi begitu terang sehingga bisa dilihat dari jarak sekitar 400 kilometer. Dahulu, para pelayar di Karibia menggunakan petir itu untuk membantu navigasi. Yang unik, petir di wilayah Venezuela itu punya warna bervariasi, mulai merah hingga oranye dan biru hingga ungu

Topografi Catatumbo unik. Ada dua dinding gunung yang membatasi tiga sisi wilayah Danau Maracaibo. Saat musim panas, udara lembab dari Karibia mengalir ke Maracaibo dari sisi yang tak dibatasi gunung. Udara itu kemudian bertemu dengan udara yang lebih dingin dari Andes dan terdorong ke atas. Uap air yang ada lalu mulai terkondensasi, membentuk awan yang kemudian melepaskan listrik dan menghasilkan petir.