Terkenal Dingin, Islandia Ternyata Panas Juga

LAZONE.ID - Islandia selama ini dikenal sebagai salah satu negara di belahan utara dan dingin. Eh tapi, di sana ada tempat yang panas juga.

Negara ini berlokasi di Samudera Atlantik, 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia. Islandia masih masuk dalam benua Eropa bagian utara. Islandia pun merupakan salah satu negara yang dekat ke arah Kutub Utara. Tak heran, gunung-gunung es, gletser dan aurora terlihat jadi suguhan bagi traveler di sana.

Namun yang menarik, di bagian utaranya justru kebalikan dari itu semua. Banyak gunung berapi yang masih aktif, lanskap bebatuan tandus dan sumber-seumber air panas yang mendidih! Dan gunung-gunung berapinya suka erupsi!



Krafla dan Dimmuborgir adalah lokasi kawah yang tanahnya tandus. Lokasinya berdekatan, hanya terpisah 18 km dan berada di wilayah Myvatn. Untuk mencapai kedua tempat itu, harus naik mobil setidaknya 6 jam dari Reykjavik, ibukota negara Islandia yang ada di bagian selatan.

Tanah yang hitam dan tandus terhampar sejauh mata memandang. Aliran lava terlihat di beberapa sudut, dan banyak asap yang keluar dari balik bebatuan. Krafla adalah kaldera yang masih aktif. Tapi tempat-tempat itu pun disulap jadi tempat wisata. Ada panduan kemanan dan jalur trekking. Seru juga!