This Is The Real Bat Cave!

LAZONE.ID - Sawarna udah dikenal memiliki pantai-pantai yang indah. Satu lagi tempat yang loe wajib datangi di sana yaitu Gua Lalay yang merupakan kerajaan kelelawar

Sawarna adalah salah satu destinasi wisata di Banten. Cukup jauh sih dari Jakarta, loe bisa lewat Serang atau lewat Sukabumi. Jaraknya sekitar 6 jam lebih dengan kendaraan roda empat. Lebih baik hindari weekend kalau nggak mau kena macet.

Walau jauh, Sawarna ini nggak mengecewakan. Mengapa begitu sebab Sawarna memiliki deretan pantai-pantai eksotis bro. Masyarakatnya juga udah ramah kok sama pengunjung alias wisatawan. Fasilitas dari rumah makan sampai homestay juga lengkap.

 


Salah satu tempat yang loe wajib datangi di sana adalah Gua Lalay. Gua yang memiliki kedalaman 10-15 km ini tidak seperti gua pada umumnya. Jika biasanya gua-gua di Indonesia memiliki dasar yang kering, berbeda dengan Gua lalay. Hampir seluruh isi dalam gua terendam dengan air. Kedalaman air di gua ini bisa mencapai betis orang dewasa.

Nama lalay merupakan bahasa Sunda yang berarti kelelawar. Konon, di gua ini banyak sekali kelelawar yang keluar masuk melalui mulut gua. Jumlahnya banyak banget bro, bisa ribuan kali. Terus juga guanya punya kegelapan abadi dengan stalaktit dan stalakmit yang ukurannya besar banget melebihi tinggi manusia!

Biasanya para pemandu sih akan main-mainin senter biar kelelawar di sana yang lagi ngegantung akan terbang. Nikmati suasananya yang sunyi beserta suara kelelawar yang terbang di langit-langit gua. Kerajaan kelelawar di Sawarna.