Ubur-ubur Tak Menyengat yang Langka di Dunia, Ada di Indonesia

LAZONE.ID - Ubur-ubur tak menyengat ini populasinya hanya ada 2 di dunia. Satu di Palau, satu lagi di Danau Kakaban.

Pasti loe pernah dengar nama Derawan. Gugusan kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau-pulau di sana pun terkenal dengan pasir yang putih di pantainya dan lautan super jernih. Satu lagi yang terkenal, adalah ubur-ubur tak menyengat di Danau Kababan di Pulau Kakaban.

Cara ke sana, loe bisa terbang ke Berau atau Tarakan, lalu naik speed boat selama 2-3 jam ke Pulau Derawan atau Pulau Maratua. Satu-satunya pintu masuk menuju Danau Kakaban adalah dari Dermaga Pulau Kakaban. Dari situ, masih dilanjutkan trekking beberapa ratus meter, melewati jalanan kayu dengan hutan kecil di kanan yang tumbuh di atas karang di karang. Kira-kira akan memakan waktu sekitar 10-15 menit.

Nah di ujung jalurnya, barulah loe akan ketemu Danau Kakaban. Danau yang sangat cantik, hijau dan tenang. Danau yang sekaligus, menjadi habitat ubur-ubur tak menyengat. Jumlahnya banyak, banyak banget nget nget…



Loe boleh kok berenang di danaunya, untuk melihat ubur-uburnya dari dekat. Tapi ingat, pelan-pelan ya nyebur ke danaunya supaya nggak terkena dan melukai ubur-uburnya. Oh iya, jangan pakai fin juga ya!

Ubur-uburnya lucu banget bro. Ukurannya kecil dan seperti jelly. Nggak perlu takut tersengat dan loe, seolah bisa menari-nari di dalam air bersama mereka. Walau menggemaskan, ingatlah untuk tidak menyentuh apalagi mengeluarkannya dari air.

Selain di Danau Kakaban ini, ubur-ubur tak menyengat juga ada di Palau, pulau kecil di wilayah Micronesia. Langka men!