Uji Ketahanan Kaki Loe Menuju Surga di Gatra

LAZONE.ID - Jawa Timur bikin sensasi. Punya surga baru di sudut selatan kotanya.

Jawa Timur bikin sensasi. Baru-baru ini ada sebuah pantai yang baru dibuka untuk umum dan punya pemandangan yang nggak kalah menakjubkan daripada pantai-pantai lain di pesisir selatan Jawa, yaitu Pantai Gatra.

Salah satu yang bikin Pantai Gatra berbeda dari pantai-pantai di pesisir selatan Jawa Timur adalah lokasinya yang agak tersembunyi dan harus dijangkau dengan melakukan trekking, Bro. Menarik kan? Selain berwisata, juga berolahraga. Melatih otot kaki yang jarang digunakan untuk berjalan-jalan.

Pantai Gatra ini letaknya sekitar dua jam dari Kota Malang, Bro. Loe harus menempuh perjalanan menuju selatan, menembus perbukitan yang memisahkan daerah pesisir dengan perkotaan. Perjalanan belum selesai setelah loe sampai di pintu gerbang Pantai Garta karena harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar dua kilometer, menembus bukit dan kawasan konservasi mangrove.

Jangan lupa untuk mendaftarkan diri sebagai pengunjung di sebuah pos yang letaknya di tengah-tengah hutan mangrove tersebut. Biaya masuknya cukup murah kok, Bro. Hanya dengan Rp 6.000 loe bisa masuk ke Pantai Gatra. Dan dengan membayar biaya masuk, berarti loe juga ikut membantu melestarikan hutan mangrove di sekitar Pantai Gatra tersebut.

Tau nggak, Bro? Sumbangan tersebut akan digunakan untuk pengadaan bibit mangrove yang akan ditanam di sekitar kawasan pantai. Barang-barang bawaan loe juga bakal didata oleh para petugas. Jangan sampai loe meninggalkan sampah di pantai yang akan loe kunjungi kalau nggak mau kena denda. Jahat? Demi kelestarian lingkungan, mending jahat tapi pantai tetap terlindung dari sampah.

Selesai membayar sumbangan untuk melestarikan lingkungan sekitar Pantai Gatra, loe bisa melanjutkan perjalanan dengan melewati hutan-hutan. Selain itu, jalanan yang terjal bakal menjadi teman perjalanan, yang dilanjutkan dengan sebuah area berpasir yang digunakan sebagai tempat penanaman mangrove. Disarankan buat loe yang ingin berkunjung ke pantai ini untuk melakukan perjalanan di pagi hari, dimana matahari belum menyengat di atas kepala. Hal ini untuk menghindari terkurasnya tenaga yang bisa bikin loe dehidrasi kalau nggak diimbangi dengan minum cairan yang cukup.

Yang menarik dari Pantai Gatra ini adalah gugusan pantainya. Hanya dengan sekali bayar tiket masuk, bonus trekking dua kilometer, loe akan disambut oleh tiga pantai sekaligus. Yaitu Pantai Gatra, Pantai Clungup, serta Pantai Tiga Warna. Tinggal pilih saja mau mampir di mana. Atau habiskan akhir pekan dengan mengunjungi ketiganya, karena semuanya punya pemandangan yang nggak boleh dilewatkan begitu saja.

Menarik kan, Bro? Tiga pantai dalam sekali kunjungan. Pastikan perbekalan loe cukup, terutama minuman untuk menjagatubuh agar tetap terhidrasi. Jangan lupa kumpulkan sampah dan bawa pulang untuk dibuang di tempat yang telah ditentukan. Jaga kebersihan Pantai Gatra untuk semua.