Unik! Air Terjung Langsung ke Laut di Madura

LAZONE.ID - Air terjunnya masih alami.

Madura, pulau yang enggak jauh dari Jawa dan Bali ini dikenal dengan kebudayaan tradisionalnya yang kuat. Karapan sapi sampai budaya carok yang seram mungkin akan terbayang saat mendengar nama Madura.

Walaupun begitu, Madura juga terkenal dengan pantainya yang cukup indah, beberapa diantaranya bahkan memiliki keindahan terumbu karang yang sangat bagus untuk dikunjungi oleh lo yang hobi menyelam.

Tapi bro, ada nih spot recommended buat dikunjungi sebagai tempat wisata, yakni Air Terjun Toroan. Keindahan alam di air terjun ini dapat dibilang unik. Kenapa? soalnya Air Terjun Toroan bukan terletak di dalam hutan atau pegununang seperti umumnya, tapi air terjun ini malah terletak di area pesisir pantai sehingga air yang turun dari ketinggian akan langsung bercampur dan mengalir menuju ke laut lepas.

Air terjun ini juga masih sangat alami, banyak pepohonan rindang dan meneduhkan di sekitarnya. Air terjun yang memiliki ketinggian hingga 20 meter ini memiliki air yang segar banget.

Kalo lo datang ke sana, ada satu hal yang jangan lo tinggalin bro yaitu menunggu waktunya sunset. Areal air terjun tersebut ternyata menjadi spot yang sangat pas buat lo untuk melihat matahari terbenam. Gue jamin, suasananya bakalan keren abis!

Kalo lo tertarik mengunjungi Air Terjun Toroan di Madura, dengan titik keberangkatan dari Surabaya, lo bisa menggunkan jalur Tol Suramadu atau juga menyebrang dengan menggunakan kapal feri di Pelabuhan Tanjung Perak.

Kalo lo pakai kapal feri, lo tinggal menyebrang menuju ke Pelabuhan Kamal dan melanjutkan perjalanan menuju ke Sampang dan berlanjut ke arah Desa Ketapang. Jika telah sampai di Desa Ketapang, lo bisa lanjut menuju ke arah air terjun yang hanya berjarak 4 Kilometer saja dari situ.

Air Terjun Toroan merupakan wisata alam yang masih alami, jadi jangan harap deh lo menemukan fasilitas seperti toilet atau penjual makanan. Nah karena itu, kalo mau dateng kesana gue saranin siapin perbekalan yang cukup ya.