Wae Rebo, Desa di Atas Awan

LAZONE.ID - Bayangin bro ini desa terpencil dan punya rumah adat yang berbentuk kerucut berukuran raksasa. Wae Rebo namanya di Flores di NTT.

Wae Rebo memang indah dan menakjubkan, diselimuti oleh kabut tipis di seluruh perkampungan membuat Wae Rebo pantas mendapatkan julukan 'kampung diatas awan'. Secara geografis kampung ini terletak diatas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (m dpl). Wae Rebo merupakan bagian dari Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai Barat, Flores.

Perlu perjuangan untuk bisa mencapainya, namun apa yang didapat ketika sampai ke lokasi sebanding dengan perjalanan yang dilalui. Dari Labuan Bajo lanjut 2-3 jam perjalanan darat dengan mobil menuju Denge. Perjalanan belum berhenti sampai disitu, Wae Rebo yang berada di lembah diantara pegunungan, hanya bisa ditempuh melalui jalan kaki dari Denge, desa terdekat dengan Wae Rebo yang masih bisa diakses oleh mobil. Dari situ jalan kaki 4-5 jam.



Saat tiba di Desa Wae Rebo, loe bisa menumpang di rumah adat milik masyarakat setempat jika ingin menginap. Di sini tidak ada home stay atau penginapan khusus karena hanya terdiri dari 7 rumah adat. Rumah adat itu bentuknya unik seperti kerucut raksasa. Di mana telah bertahan selama 19 generasi.

Selain rumah adat yang menjadi daya tarik, kehidupan masyarakatnya juga sangat menarik untuk diketahui. Sebagian masyarakat bertani dan wanitanya membuat tenun. Ada pula kebun kopi, biasanya pengunjung akan dihidangkan kopi khas Flores yang nikmat.