Wah Bali Punya Air Terjun Kembar Ternyata

LAZONE.ID - Belum banyak yang tahu Air Terjun Tibumana di Bali. Air terjun ini punya dua aliran yang bisa dibilang air terjun kembar.

Air Terjun Tibumana adalah sebuah objek wisata yang bertempat di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Bangli, Bali. Untuk suasananya masih sangat asri, alamnya pun masih sejuk dan hijau.

Objek wisata ini mempunyai keunikan yang sangat berbeda dari air terjun lainnya. Orang-orang juga menyebutnya air terjun kembar. Itu karena ada dua air terjun yang mengalir secara berdampingan. Jika dilihat aliran airnya memang mirip, jadi pantas saja air terjun ini disebut air terjun kembar. Tetapi kadang-kadang salah satu air terjunnya berhenti mengalir. Kadang juga yang satunya deras, sedangkan satunya lagi tidak begitu deras. Debit air terjun ini tidak menentu, dan akan lebih deras lagi saat musim hujan.



Air terjun ini punya tinggi sekitar 20 meter dan di bawah air terjunnya ada goa. Goa yang berada di belakang air terjun itu dipercaya warga sebagai jalan pintas menuju Pura Goa Raja Besakih. Namun itu semua hanyalah sebatas keyakinan. Tidak ada satupun warga yang berani memasuki goa tersebut. Goanya sangat gelap dan sempit, warna air terlihat biru tua, itu menandakan bahwa lubang di bawah air terjun sangat dalam. Karena itu, Anda tidak diperbolehkan untuk mandi sembarangan di sini.

Air Terjun Tibumana ini dulunya adalah objek wisata yang terisolasi. Tidak ada warga yang dapat mengakses tempat ini. jika ada yang ingin melihat, warga hanya bisa menyaksikan dari atas tempat di mana air mengalir sebelum terjun. Namun sekarang warga setempat sadar jika air terjun ini memiliki potensi wisata yang besar. Mereka lalu berinisiatif membuka akses jalan untuk mempermudah mencapai lokasi. Semua warga bergotong royong demi bisa menjadikan air terjun ini menjadi objek wisata yang dapat dinikmati oleh banyak orang.