Inspiring Place

Wah, Di Bumi Ternyata Ada Gunung Yang Slim

  • 17 June 2017
  • 2415 views

Gunung biasanya berbentuk seperti segitiga yang besar. Ada juga yang bentuknya menara seperti yang satu ini dikenal dengan sebutan gunung teramping!

LAZONE.ID -

Ensiklopedia Britannica mendefinisikan gunung sebagai sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Tumpukan tanah biasanya memakan ruang yang luas. Syarat kedua, bisa disebut gunung bila tingginya lebih dari 2000 kaki (610 m). Di Afrika, ada sebuah struktur menjulang nan unik. Orang menyebutnya Pico Cao Grande. Inilah gunung yang bentuknya tinggi seperti menara.

Bila diukur dengan daerah sekelilingnya hanya 300 meter, namun ukuran sesungguhnya  663 meter di atas permukaan laut. Maka masuk dalam kategori gunung, walau tak aktif. Puncaknya nyaris nggak pernah terlihat karena selalu tertutup awan.



Pico Cao Grande menjadi gunung unik karena kecuramannya di atas 80 derajat, layaknya sebuah gedung. Gunung ini tidak memiliki kemiringan dalam ketinggiannya hingga disebut needle-shaped mountain.

Gunung ini adalah 'plug vulkanik' di Bumi. Lebih mengesankan dari Devils Tower di Wyoming (386 m), karena gunung ini lebih curam dan kurus. Meskipun demikian, lebih sulit untuk memotret gunung ini dibandingkani Devils Tower: Puncaknya sering tersembunyi oleh awan atau hujan. Datanglah ke Republik Demokratik Sao Tome dan Principe, yakni negara pulau yang berbahasa Portugis terletak di Teluk Guinea, di lepas pantai barat khatulistiwa Afrika Tengah. Kira-kira 225 kilometer  lepas pantai barat laut Gabon.

tags : GUNUNG

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...

Inspiring Place

Ada Castle Zaman Kerajaan di Dekat Lereng Merapi

17 November 2017 927 views share
Inspiring Place

Keren! Ada Gunung Merapi di Bawah Laut Sulawesi

20 October 2017 1054 views share
Inspiring Place

Gunung Padang, Calon Piramida Terbesar di Dunia

02 July 2017 1597 views share
News

Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

31 July 2014 698 views share