Wakatobi Surga Bawah Laut Yang Tak Pernah Bisa Dilupakan

LAZONE.ID - Pecinta snorkeling dan diving sangat wajib ke Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Dunia bawah lautnya sangat indah seindah surga.

Wakatobi adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Wangi-Wangi, dibentuk berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2003, tanggal 18 D esember 2003. Luas wilayahnya adalah 823 km² dan pada tahun 2011 berpenduduk 94.846 jiwa.

Wakatobi juga merupakan taman nasional. Taman nasional ini ditetapkan pada tahun 1996, dengan total area 1,39 juta ha, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang; yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut.

Wakatobi adalah habitat bagi 90% jenis karang yang ada di dunia serta lebih dari 942 spesies ikan! Wakatobi terdiri dari empat gugusan pulau, yaitu Binongko, Kaledupa, Tomia, dan Wangi-wangi. Di tiap pulau ada banyak titik-titik selam yang harus loe datangi. Pantainya juga pasirnya putih.

Di antara ratusan titik selam di perairan Wakatobi, terdapat empat yang memukau penyelam lokal dan asing, antara lain Coral Garden, Cornucopia, House Reef, dan Roma. Salah satu yang menjadi favorit penyelam adalah Roma, yang berada di perairan Pulau Tomia. Begitu memasuki area selam ini, kamu akan dikelilingi oleh red-tooth tigerfish dan gerombolan ikan warna-warni lainnya. Tak hanya ikan, terumbu karang dan rumput laut di sini pun pamer dengan warna cantiknya.