Wisata Ekstrim ke Pulau Dengan Ribuan Ular

LAZONE.ID - Ularnya sangat mematikan!

Bro, kalo lo mau wisata ke tempat-tempat yang ekstrim, cobain deh cabut ke Pulau Nusa Nipa di Nusa Tenggara Barat. Di pulau ini ada ratusan spesies Ular Laut Gelang (Laticauda Colubrina), salah satu ular laut yang memiliki racun sangat kuat. Pulau ini terletak sekitar 500 meter dari Pantai Oi Caba, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Oleh masyarakat sekitar, pulau tersebut dinamakan Pulau Nusa Nipa atau Nuca Nepa Lale atau Pulau Ular yang Indah atau Pulau Nuha Ula Bungan (Pulau Ular Yang Suci). Enggak cuma itu, bagi masyarakat sekitar, ular-ular di pulau ini bukanlah sesuatu yang menakutkan.

Bayangin aja bro, masyarakat sekitar malah sering bermain sama ular beracun ini. Bahkan, mereka santai banget masukin tangan ke celah-celah tebing batu buat ngambil ular yang lagi bersembunyi. Enggak cuma itu, kerennya, ular ini juga bakal datangi mereka kalo dipanggil.

Wisata Ekstrim ke Pulau Dengan Ribuan Ular

Walaupun begitu, para wisatawan dari daerah lain enggak bisa sembarangan nih nyentuh ular-ular ini. Konon, ular-ular ini harus disentuh dulu sama masyarakat lokal, jadi lo juga bisa menyentuh atau bermain-main sama ular-ular itu.

Ular-ular berwarna hitam putih cerah sangatlah menakjubkan pas terkena cahaya matahari. Lo enggak akan pernah ngeliat pemandangan langka ini di tempat lainnya deh. Lo bisa menyentuh atau mengalungkan ular itu ke leher lo tanpa rasa takut.

Menurut cerita masyarakat setempat, Pulau Ular ini berasal dari sebuah kapal dagang Portugis yang kena kutukan. Awak kapal berubah menjadi ular laut sementara bangkai kapalnya berubah menjadi sebuah pulau. Sementara 2 pohon kamboja yang berada di pulau tersebut dipercaya sebagai tiang kapalnya.

Ular ini enggak bisa dibawa ke luar pulau karena akan kembali ke habitat aslinya. Kalo mereka emang enggak bisa kembali, dipercaya dapat mendatangkan musibah bagi masyarakat Desa Pai, serta bisa membahayakan orang yang membawanya ke luar pulau karena ular laut ini punya racun yang mematikan. Jadi jangan heran kalo masyarakat desa sangat menjaga kelestarian ular ini.

Terlepas dari itu, kalo lo main ke sini, selain bisa bermain-main dengan ular, lo juga bisa menikmati pemandangan yang indah dari Gunung Sangiang yang berdiri tegar dari kejauhan dengan puncaknya yang bermahkota kabut serta beberapa pulau karang yang ada di sekitarnya.