Wisata Tambang di Wales

LAZONE.ID - Petualangan seru memasuki ratusn meter ke dalam perut bumi. Hati-hati kalau loe punya klaustrofobia.

Petualangan seru memasuki ratusn meter ke dalam perut bumi. Hati-hati kalau loe punya klaustrofobia.

Alam bawah tanah Wales menyimpan kekayaan mineral emas, tembaga dan batubara. Jadi nggak heran kalau banyak warganya hidup ‘di bawah tanah’ alias cari nafkah jadi penambang. Saat tambang ditutup pun masih bisa jadi sumber penghidupan. Ada beberapa bekas tambang yang dijadikan objek wisata.

Bagi wisatawan, berjalan di dalam perut bumi bisa jadi pengalaman seru. Tetapi mereka yang ngeri dengan ‘kehidupan bawah tanah’ serta punya klaustrofobia biasanya batal ikut, mundur teratur dan cuma berjalan sampai di mulut tambang.

Nah, loetakar deh kadar keberanian loe sendiri dengan mencoba wisata tambang yang ada di seantero Wales. Ada tiga tempat yang banyak jadi pilihan orang.

1. Llechwedd Slate Cavern.

Terletak di Gwynedd, Snowdonia, termasuk wisata tambang yang seru. Loe kudu siap diangkut pakai kereta menuju perut bumi sedalam 200 meter di bawah tanah. Di situ, sudah menanti gua dan danau yang jadi tambah keren karena efek pencahayaan.

2. Dolaucothi Gold Mines.
Berlokasi di Carmarthenshire, West Wales. Sejak zaman Romawi sekitar 2.000 tahun lalu, orang sudah mendulang emas di sini. Kalau loepengein ngerasain menyosoh bijih emas sudah tersedia dulang. Sukses nggaknya tergantung usaha, dan nasib. Hehehe.

3. Corris Mine Explorers.
Berada di Corris, Merionethshire. Pengunjung dibawa masuk ke kompleks tambang yang pertama kali beroperasi tahun 1836. Chamber masih berisi mesin tambang dan alat bantu kerja, bahkan barang-barang bawaan para penambang.