Wuidih, Jalanan Paling Curam di Dunia

LAZONE.ID - Baldwin Street di New Zealand masuk dalam Guinness World Record. Memegang rekor sebagai jalan paling curam di dunia. Penasaran nggak bro?

Jalan paling curam di dunia ini adalah Baldwin Street di Kota Dunedin, New Zealand. Saking curamnya, jalan ini tidak terbuat dari aspal melainkan dari beton. Kenapa gitu? Karena kalau terbuat dari aspal, aspal yang belum kering bisa meleleh turun saking curamnya.

Jalan ini sudah masuk dalam Guinness World Record sebagai jalan paling curam di dunia. Tebak berapa kecuramannya, rupanya mencapai angka 38 derajat. Nanjaknya harus sekuat tenaga dan kalau turun kudu hati-hati.



Baldwin Street pun merupakan jalan umum bro. Di kanan dan kirinya banyak rumah-rumah. Uniknya lagi, rumah-rumah ini didesain menyesuaikan kontur tanah yang super miring. Jadi terlihat seperti terpotong sebagian di kawasan yang miring.

Nah berbagai acara sering diadakan di Baldwin Street. Kayak Baldwin Street Gutbuster yang merupakan lomba lari bolak balik dari atas ke bawah. Setiap tahunnya ada sekitar 1.000 orang yang ikut serta. Pesertanya tak hanya dari warga lokal, tapi juga turis manca negara.