Inspiring Place

Yuk Mancing Ikan "Setan Merah" di Waduk Paling hits Ini

  • 30 October 2017
  • 1897 views

Air di waduk ini diklaim sangat bersih

LAZONE.ID -

Bro, jangan selalu berpikir kalo waduk itu semuanya biasa-biasa aja, beda loh sama Waduk Sermo Kulonprogo. Waduk yang gue sebut tadi merupakan bendungan irigasi yang membendung kali Ngrancah dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996. Waduk Sermo dibangun dengan biaya Rp22 miliar.

Nah, waduk ini jadi sumber air bersih untuk PDAM dan untuk air irigasi persawahan daerah Wates dan sekitarnya. Enggak cuma itu, waduk ini juga jadi tempat latihan dan lomba dayung. Waduk sermo merupakan salah satu potensi wisata dan edukasi di Kulonprogo, Yogyakarta. Ditambah, ada bukit-bukit yang mengelilingi Waduk Sermo tentunya menjadikan pemandangan semakin indah.

Yuk Mancing Ikan "Setan Merah" di Waduk Paling hits Ini

Hal lain yang unik di waduk ini, yaitu memiliki fasilitas pemancingan. Banyak wisatawan suka banget di Waduk Sermo karena ada ikan "Setan Merah" yang merupakan ikan predator di Waduk Sermo. Selain itu, wisatawan bisa menyewa perahu wisata untuk berkeliling Waduk Sermo sambil menikmati perbukitan Menoreh.

Istimewanya di waduk ini bisa lo liat saat senja dateng. Jadi jangan heran kalo banyak penggemar fotografi yang menunggu sore hari sampai tenggelamnya matahari di Waduk Sermo. Waduk ini luasnya diperkirakan sekitar 157 hektar.

Waduk sermo merupakan bendungan terbaik di Indonesia jika diukur dari kualitas air yang dihasilkan sebagai sumber air minum juga sebagai irigasi sawah. Alasannya karena sedementasi Waduk Semo sangat sedikit, apalagi Waduk Sermo dikelilingi oleh hutan yang terawat di dearah Kulonprogo.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Waduk Sermo adalah pada saat jelang sore hari. Lo bisa berfoto-foto terlebih dahulu di Wisata Alam Kalibiru pada siang hari kemudian turun ke Waduk Sermo yang jaraknya hanya sekitar 4 kilometer dari Kalibiru.