Karena sepatu basket itu banyak banget modelnya dan pasti keren-keren banget! Apalagi pas tahun 2000-an, sepatu basket lagi ajaib-ajaib banget. Bisa dibilang sepatu basket udah jadi trend fashion, apalagi pada era itu banyak artis Hip Hop juga ikutan pakai sepatu basket. Ada eranya di mana orang nggak main basket tapi tetep pakai sepatu basket biar nampak cool. 

banner-ads

Nah, di sini kita flashback ke tahun 2000-an ya Bro, bahas 10 sepatu paling iconic yang pengen semua orang punya!

1. Nike Air Zoom Generation (2003)

Baca Juga: Debut Hampa Sang Legenda NBA

Nike Air Zoom Generation melakukan debut resminya selama pertandingan musim reguler pertama LeBron James sebagai pemain bola basket profesional pada 5 November 2003. Sepatu dengan tanda tangan pertama LeBron James, Nike Air Zoom Generation bisa dibilang masih pernah menjadi Raja singgasana. Zoom Air menjadi sepatu idaman semua fans basket pada jaman itu. Pasti pernah punya kan bro?

2.  Reebok Answer 4 (2000)

Dipakai Allen Iverson ketika dia memimpin Philadelphia ke Final NBA 2001 (untuk pertama kalinya sejak 1983) melawan L.A. Lakers. Reebok Answer IV salah satu sepatu yang paling didambakan semua orang. Desainnya ramping, minimalis dengan ikatan yang ditutup zip. Bisa dibilang Reebok Answer 4 jadi ciri khas Reebok Iverson yang paling populer. Di sini ada yang beli?

3.  Nike Flightposite (1999)

Salah satu sepatu basket Nike yang paling progresif, transendental, dan ikonik yang pernah dibuat. Dipuji sebagai "salah satu sepatu basket terhalus yang pernah dibuat", bagian atas mulus dan halus menciptakan estetika keseluruhan yang fungsional dan tahan lama, namun juga cantik. Bisa dibilang, sepatu basket paling trendy lah pada era itu.

4.  And1 Tai Chi (2000)

Tahun 2000 adalah tahun paling bersejarah dalam karier Vince Carter. Carter mengukir namanya menjadi cerita rakyat NBA dengan kemenangan Kontes Dunk yang ikonik. Yang bikin orang penasaran itu sepatu Carter,  DAN 1 Tai Chi, asing di mata orang, tapi dalam sekejap, berkat pengaruh Carter, merk sepatu itu pun langsung melejit. Akhirnya ada pesaing baru di dunia sepatu basket.

5. Nike Air Zoom Huarache 2k4 (2004)

Sepatu yang jadi saksi sejarah lolosnya LA Lakers ke Final NBA setelah lebih dari 1 dekade nggak maju ke putaran final. Dan bikin sepatu ini makin terkenal.

6. Nike Air Garnett 3 (1999)

Sepatu ini aslinya mulai rilis di tahun 1999, tapi Air Garnett 3 ini baru booming di awal 2000-an karena modelnya yang unik dan ada bantalan anginnya. Bikin empuk dan nyaman pas dipakai.

7. Nike Shox Bb4 (2000)

Sepatu yang jadi saksi seorang Vince Carter nge-Dunk di ring basket dengan lompatan yang membagongkan pada jamannya. Bikin sepatu ini jadi incaran banyak fans basket! Ya, tapi nggak bikin kalian bisa nge-dunk ala Vince Carter juga sih.

8. Adidas the Kobe (2002)

Mungkin pas banget nih disebut sebagai salah satu sneaker paling ortodoks yang pernah diciptakan. Sepatu Adidas ini seolah nggak kaya sepatu basket lainnya, aneh banget, apalagi dipakai oleh seorang superstar. Sejak debutnya pada tahun 2001, Adidas Kobe dapat banyak sorotan. Salah satu julukannya sebagai sepatu “NSFW" (not safe for work).  Sebutan lainnya juga dicapkan sebagai  "sneaker terjelek yang pernah dipakai Kobe Bryant". 

9. Air Jordan Xvii (2002)

Jordan XVII bisa dibilang masuk kategori iconic sejak rilis tahun 1997, sepatu ini memang jarang dilihat orang. Sebab MJ sudah berganti dengan AJ XIV di NBA Finals 1998. Namun sepatu ini lebih terkenal saat dipakai Denzel Washington di film He Got Game (1998). 

10. Adidas Tmac 2 (2003)

Awalnya dirilis pada tahun 2003, adidas T-Mac 2 nyajiin desain dua nada yang bersih, terinspirasi dari era Tracy McGrady di Orlando Magic. Sebuah kultus-klasik dari NBA era 2000-an, T-Mac 2 terus memikat para sneakerhead di seluruh dunia.

Gimana Bro? Dari 10 itu, punya lo yang mana aja?