Tahun 2021 banyak hal yang tragis dalam dunia rap. Mulai dari kabar kematian penyair hip-hop, MF Doom, hingga tragedi ‘Astroworld’ Travis Scott. Bahkan Drake dan Kanye pun mengeluh, terlalu banyak album yang mentah!

Namun, banyak nama baru muncul di tahun 2021 dan beberapa membawa kembali nostalgia genre masa lalu. Apa pun itu dunia hip-hop 2021 punya keunikan sendiri di tengah masalah pandemi. Berikut adalah pilihan album rap terbaik tahun 2021 versI RollingStone.



5. Megan Thee Stallion. ‘Something for Thee Hotties’
Megan Thee Stallion jadi artis paling dicari di planet ini. Boleh dibilang album ini adalah paling ‘Terpanas’ tahun 2021. 


4. Boldy James and Alchemist. ‘Bo Jackson’
Seperti khasnya, James masih fokus pada cerita tentang kehidupan gagster, seperti narkoba hingga tembak-menembak. Namun, tetap album ini jadi yang terbaik untuk menunjukkan kemegahan rap radio awal 2000-an.


3. Tyler, The Creator. ‘Call Me 
Tyler boleh berbangga bahwa salah satu single-nya di album ini masuk nominasi Grammy. Selain itu, album ini turut menjadi nostalgia mixtape rap ala gangsta. 


2. Mach-Hommy. ‘Pray for Haiti’
Lagu-lagu dalam album ini mewakili perasaan orang-orang New York, ketika masalah kelaparan dan pengangguran mendera selama pandemi. Namun, album ini jadi yang terbaik untuk jenis rap-rap khas Pantai Timur Amrik.


1. Playboi Carti. ‘Whole Lotta Red’
Album ini keluar ketika Natal akhir 2020. Boleh dibilang album rap ini paling maju sejak ‘Yeezus’-nya Kanye. “Itulah niat saya, pengen album ini selalu relevan hingga masa depan,” ujarnya.