Banyak sekali lagu hip-hop bagus, tetapi jarang yang dikenang karena membuat heboh karena kontroversinya. Berikut ini Bromin pilih 5 lagu hip-hop ikonik yang hingga sekarang terus dikenang.  
 

5. 2Pac - Hit Em Up

Insert Link
Lagu tahun 1996 ini bukan hanya monumental, tetapi juga kejam. Berisi hinaan buat para rapper Pantai Timur, khususnya The Notorious B.I.G. Rivalitas keduanya berpuncak ketika mereka berdua mati terbunuh. 

 

4. Paris - Bush Killa

Insert Link
Lagu yang rilis di tahun 1992 ini bukan cuma gila, tetapi berani. Karena, isinya adalah ancaman pembunuhan untuk Presiden Amerika saat itu, George H.W Bush. 

 

3. 2 Live Crew - We Want Some Pussy

Insert Link
Lagu ini populer di tahun 80-an, karena kontroversinya. Lirik-liriknya dianggap sebagai salah satu lagu paling cabul, karena ungkapan seksual secara vulgar. Namun, 2 Live Crew beranggapan ini bentuk kebebasan berbicara di Amerika.  

 

2. Ras Kass - Nature Of The Threat

Insert Link
Ras Kass bukan hanya rapper, tetapi pejuang kemanusiaan bagi orang afro. Secara terus terang dia memperjuangkan agama, rasisme, dan kritik korupsi. Lirik-lirik pedasnya tentu saja bikin penguasa kesal. 

 

1. N.W.A - F*ck Tha Police

Insert Link
Sejak 1988, banyak kalangan yang bilang ini lagu hip-hop paling kontroversial. Isinya adalah umpatan bagi polisi dan penguasa. Uniknya, sejak pertama kali direkam, tak ada lirik yang direvisi sedikit pun.