Lebih dari tur konser biasa, tetapi tur ini juga bikin kultur baru dalam dunia hip-hop. Beberapa karena diisi nama besar, peristiwa besar, bahkan berdampak ke persoalan kemanusiaan. 

Berikut ini 5 konser tur Hip-Hop paling besar versi Bromin 

5. Summer Sixteen Tour (2016)

Tur ini jadi rekor pendapatan tertinggi sepanjang masa untuk konser hip-hop, yakni $84,3 juta dari 54 pertunjukan. Tur raksasa diisi line up: Drake, rapper yang jagoan bikin lagu hits, dan Future, rapper kontroversial yang fenomenal.

4. The World’s Greatest Rap Show Ever (1991-92)

Tur ini adalah pertunjukan rap terbesar sepanjang masa yang menyatukan rap pantai barat, timur, hingga selatan. Pertunjukan ini diisi Public Enemy yang berisi seruan gerakan orang kulit hitam. Selain itu ada, DJ Jazzy Jeff & The Fresh Prince, Queen Latifah, MC Lyte, Geto Boys, Kid ’n Play, Naughty by Nature, A Tribe Called Quest. 

3. Up In Smoke (2000)

Tur ini diisi rapper-rapper terbesar sepanjang masa, di era keemasan awal 2000. Diisi Eminem, Ice Cube, Dr. Dre, dan Snoop Dogg. Banyak yang menilai inilah puncak pertunjukan konser yang dilakukan rapper Pantai Barat.

2. Raising Hell Tour (1986)

Bisa dibilang inilah aksi live terbesar di zamannya dari  Run-DMC. Begitupun dengan LL Cool J yang baru baru berusia 18 tahun.  Sebagai "Walk This Way," kolaborasi Aerosmith yang mengubah genre Run-DMC, meledak di tangga lagu pop, membuat album Raising Hell terjual 3 juta kopi (album hip-hop pertama yang meraih triple platinum), penjualan tiket menyusul.

1. Fresh Fest (1984)

Tur ini jadi momen penyatuan musik hip hop dan breaking dance. Selain itu, inilah tur dengan pendapatan tinggi pertama kali, yakni $3,5 juta. Sehingga menjadi momen bahwa hip hop bakal jadi culture yang besar. Line-up tur ini adalah: Kurtis Blow, Run-DMC, Whodini, The Fat Boys, Newcleus & the Dynamic Breakers, New York City Breakers, Turbo dan Ozone.