Nigeria mencetak sejarah yang bakal dikenang seumur hidup setelah jadi tim Afrika pertama yang bisa ngalahin tim basket Amrik! Gokiil yang dikalahin juga isinya pemain-pemain NBA loh ballers, sebut aja Kevin Durant, Damian Lillard, Bradley Beal, Jayson Tatum dan masih banyak yang lainnya.



Pertandingan yang emang digelar buat pemanasan sebelum olimpiade Tokyo, bertempat di Mandalay Bay Arena, Las Vegas, Nigeria berhasil survive hingga babak akhir dengan skor 90-87. Kemenangan ini pun jadi ukiran sejarah bagi bola basket Afrika yang dalam 10 tahun terakhir bisa berkembang pesat setelah invasi NBA dengan program NBA Cares nya menjangkau pemain-pemain bertalenta disana dan menghasilkan banyak pemain yang mampu mendapatkan beasiswa di Amerika.



Padahal, 9 tahun lalu masih inget banget bromin tim Amrik menang 156-73 di Olimpiade London melawan Nigeria. Sekarang, Nigeria balik ngalahin Amrik di 2021 sekalipun cuma dalam laga eksebisi. Skuad Nigeria tahun ini emang gak main-main, mereka serius banget masang target tinggi di olimpiade Tokyo. Pemain kaya Josh Okogie dari Wolves, Miye Oni dari Utah Jazz, Chimezie Metu dari Kings, Gabe Vincent dari Miami Heat dan Asisten Pelatih Golden State Warriors Mike Brown ada di tim ini. Gimana gak sangar tuh bro!




Kekalahan ini langsung bikin publik basket Amrik jadi gak yakin sama performa tim asuhannya Greg Popovich, dan menginginkan superstar lain kaya Lebron dan Steph Curry buat balik ke timnas supaya tahun ini bisa meraih medali olimpiade emas lagi.



Jadi tetep mimpi kalo suatu saat kita bisa kalahin Amerika ballers? Harus dong! Kalo Nigeria aja bisa, kenapa kita ngga?!