Marques Terrell Bolden, salah satu amunisi anyar yang jadi pemain kunci dan ikut mengukir sejarah Indonesia di SEA Games 2022. Marques Bolden sukses membawa medali emas pertama kali buat Indonesia sepanjang diadakannya SEA Games.
 
Marques Terrell Bolden, pebasket naturalisasi dengan tinggi lebih dari dua meter ini, lahir di Dallas, Texas, Amerika Serikat, pada 17 April 1998. Usianya bisa dibilang masih muda banget, 24 tahun dan saat ini berstatus sebagai anggota tim NBA G League, Salt Lake City Stars.
 
Sebagai catatan, Marques Bolden mengawali karirnya bersama DeSoto High School. Saat menjadi pemain senior di klub itu, ia memang menjadi center yang dijagokan. Selanjutnya, Marques Bolden memilih untuk bergabung Duke University, yang berkompetisi di kompetisi divisi pertama kampus NCAA pada 2016.
 
Sayangnya, dia harus absen pada pertandingan awal di musim 2016/2017 karena mengalami cedera. Setelah tiga tahun berkarir bersama Duke University, Bolden memutuskan untuk ambil bagian pada NBA Draft tahun 2019. Pada 2019, ia bergabung Cleveland Cavaliers. Bisa dibilang, itulah karir profesional pertamanya di dunia basket, terutama NBA.
 
Pada 30 November, Bolden mendapatkan kontrak dari Cleveland Cavaliers dengan durasi selama dua musim. Setelah kontraknya berakhir, ia sempat bergabung ke Utah Jazz. Namun, dia diturunkan terlebih dahulu dan bermain untuk tim satelit atau afiliasi G League mereka, yakni Salt Lake City Stars, yang menjadi klubnya sampai saat ini.
 
FYI aja nih Baller, pemain berusia 24 tahun ini di laga penentuan melawan Filipina, Bolden sukses mencetak 18 poin, 10 rebound, dan 3 assist. Nggak sia-sia Indonesia menjadikannya pemain naturalisasi.
 
Cabutnya Bolden dari NBA ke Indonesia dan kini resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) diharapkan bisa menciptakan era keemasan basket Indonesia!
 
Selamat berkarya di Indonesia, Bolden!!

Baca Juga: Profil Marques Bolden, Eks Cavaliers yang Siap Jadi WNI