Banyak orang tau kalau Jepang adalah negara yang dikenal karena sepak bola dan baseball nya. Gak banyak yang tau kalau Jepang adalah negara yang punya potensi basket yang bagus di dunia. Ini mungkin disebabkan sama minat dari anak-anak muda jepang yang lebih tertarik ke dua olahraga diatas atau banyak dari mereka yang lebih tertarik ke olahraga tradisional jepang seperti Karate atau Kendo.


Nih bromin share dua faktor dari sekian banyak yang bikin basket jepang bisa maju pesat ballers.

Liga Basket Jepang (B League)

Jepang punya banyak jenis olahraga yang sukses dalam hal penyelenggaraan liganya masing-masing. Salah satu contohnya adalah Liga NPB (Nippon Professional Baseball). Liga baseball ini mampu menghadirkan lebih dari 50.000 penggemar dalam satu stadion plus ribuan views dari broadcast mereka. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh B League dimana mereka menghadirkan kompetisi yang berimbang serta bintang-bintang asal luar negeri macam Thridy Ravena yang mampu menambah persaingan di B League dan mengundang ribuan views tambahan dari negara asalnya.

Pemain Mix Blood dan Naturalisasi

Banyak dari kita tau kalau sekarang lagi tren di beberapa negara ambil pemain buat di naturaisasi. Entah itu yang punya darah campuran (Mix Blood) maupun lewat jalur naturalisasi yang direkomendasi oleh Fiba.

Rui Hachimura adalah salah satu contoh dari mix blood yang Jepang punya. Rui besar di Toyama Prefecture sehingga ia punya kultur jepang sangat kuat, tapi postur kokoh yang ia dapetin dari Ayahnya, Zakari Jabil asal Benin.

Pemain lainnya adalah Yuta Watanabe dan J.R Henderson.

Nah dari dua contoh diatas, pastinya Jepang punya kelebihan budaya disiplin mereka yang tinggi, ini dianggap juga punya peran besar atas kemajuan basket disana. Keren!