LA-streetball.com – Siapa yang kenal jika kita sebut nama lengkap seorang “Doc” Rivers sebagai judul dari artikel ini? Yup, Ayah dari Austin, Spencer dan Jeremiah Rivers ini dikenal sebagai seorang pelatih jenius yang ada di NBA. Meski banyak keraguan di awal karirnya melatih, tapi Doc adalah seorang pria bermental baja.


Memulai karir kepelatihan pada tahun 1999, hanya butuh satu musim ia langsung mendapatkan predikat NBA Coach Of The Year sebagai pelatih dari Orlando Magic yang saat itu diperkuat oleh T Mac, Mike Miller, dkk.


Di serial dokumenter Netflix “The Playbook”, Filosofi Ubuntu yang digaungkan oleh Doc berbuah manis dengan raihan juara NBA pada tahun 2008.

Apa itu filosofi Ubuntu? Ubuntu adalah filosofi Zulu kuno dari Afrika “Umuntu ngumuntu ngabantu,” yang jika diartikan, “Seseorang akan bisa menjadi seseorang lewat orang lain.” Konsep ini sebelumnya dikenalkan oleh presiden Nelson Mandela dan kembali digaungkan oleh presiden Barrack Obama pada tahun 2013.

Filosofi ini yang akhirnya dipegang teguh oleh Doc Rivers dalam setiap kesempatan ia menangani sebuah tim. Sebagai contoh ketika ia menangani Boston Celtics dan meraih gelar juara, Filosofi Ubuntu ia tanamkan secara dalam di tim Celtics saat itu.

Pertama ia memilih pendekatan kepada para rookie, lalu kemudian ia coba pedekatan hati ke hati kepada para veteran yang saat itu menjadi tulang punggung tim Celtics, KG, Paul Pierce, Ray Allen dan Rajon Rondo muda.



Gimana? Jadi mau tau lebih jauh tentang filosofi ini ballers?