Meskipun sekarang jadi hal yang biasa. Diawal pertengahan 2000-an, Auto-tune sempat jadi kontroversi bagi rapper, karena dianggap merusak rasa autentik. Yang paling kena adalah T-Pain, rapper yang sempat populer dengan suaranya yang udah diedit auto-tune.

Di serial dokumenter Netflix, This Is Pop, pernah bercerita tentang depresi yang ia alami gara-gara dihina Usher. T-Pain dibilang telah merusak musik hip-hop dan menghina capaian rapper-rapper sebelumnya. 

 

Waktu itu, mereka bertemu di pesawat ketika terbang menuju BET Music Awards tahun 2013. Seorang pramugari membangunkannya ketika tidur, dan diberi kabar bahwa Usher ingin bercerita kepadanya.

“Saya gak mengerti. Usher adalah temanku. Apakah dia benar? Apakah saya mengacaukan ini, apakah saya mengacaukan musik? Dan saat itulah dan saya bahkan tidak berpikir saya menyadari ini untuk waktu yang lama, itulah saat yang dimulai seperti depresi empat tahun bagi saya,” ujar T-Pain setelah dihina Usher. 

 

Setelah kejadian ini T-Pain depresi berat dan membuatnya tidak termotivasi membuat musik lagi. Ia jarang muncul ke publik untuk beberapa tahun, bahkan ia sempat berpikir untuk melakukan bunuh diri. 

Beberapa tahun setelahnya Auto-Tune mulai diterima luas dan biasa digunakan. Dulu dihina dan dicaci-maki, kini justru T-Pain dianggap sebagai inovasi dalam musik.  Meskipun namanya udah tenggelam di musik hip-hop.