Hari Skate dunia atau lebih dikenal dengan sebutan Go Skateboarding Day yang diperingati setiap tanggal 21 Juni, adalah hari dimana para skateboarder merayakan sekaligus menularkan “virus-virus” skateboard ke masyarakat. Hari skate sedunia ini pertama kali dicetuskan oleh IASC atau International Association of Skateboard Companies pada tahun 2004.


Tujuannya udah pasti bikin para calon skater-skater muda tertarik buat nge-skate dan terjun sebagai kegiatan yang positif. Selain itu GSD ini juga ditujuan buat menepis anggapan stereotip masyarakat bahwa skater itu biang rusuh doang.


Di Indonesia sendiri, Go Skateboarding Day digagas oleh Happen Magz pada tahun 2005. Setahun berikutnya Indonesia tercatat resmi di IASC sebagai salah satu negara yang merayakan Go Skateboarding Day di dunia.


Sekalipun emang sekarang perayaan GSD terbatas karena pandemic Covid-19, tapi hal itu ga menyurut kan niat banyak skateboarder Indonesia untuk merakayannya. Salah satunya adalah Satria Vijie yang menjadi pentolan skateboarder di Indonesia. Ia berharap di GSD 2021 ini kalo budaya Skateboarding ini bisa lebih luas lagi ada di Indonesia.



Kita aminin bro!