Milwaukee Bucks dikenal dengan warna jersey khas mereka, putih hijau yang cukup menonjol. Bisa dibilang Bucks ini salah satu tim basket yang sering nge-mix skema warna jersey mereka selama beberapa tahun. Biar nggak boring kali ya tujuannya. Tapi salah satu jersey edisi khas kota mereka, 'Cream City' yang diperkenalkan pada musim 2017-18 dan mendapatkan daya tarik di musim 2019-20 tiba-tiba menghilang dan fans-nya tidak pernah melihat tim Bucks memakainya lagi.

banner-ads

Meskipun Bucks Nation dan fans beratnya suka banget sama jersey ini, mereka tetap nggak boleh memakai jersey 'Cream City' yang terinspirasi dari gaya batu bata arsitektur Milwaukee. 


Jersey berwarna terang menyatu dengan papan lantai, hal ini yang bikin masalah bagi pengiklan digital. (image by NBA)

Baca Juga: Jersey Olahraga Paling Mahal Sedunia!

Alasannya dua kata doank sih Bro, yaitu iklan digital. Kok bisa? Jadi begini ceritanya nih, karena era pandemi ini memaksa pengiklan beralih ke iklan virtual secara real time di lapangan basket NBA. Nah, berhubung jersey Cream City itu memiliki warna yang hampir sama dengan warna lapangan basket, hal ini bisa menyebabkan distorsi iklan digital para sponsor NBA oleh pemain yang mengenakan warna yang bersinggungan dengan warna lapangan basket. Sampai di sini paham ya, Bro?


Emang nggak kaya jersey pada umumnya ya secara warna. Terlalu lembut warnanya. Kurang gahar. (image by Gettyimages)

Jadi, permasalahannya bukan karena warna cream sama dengan warna jersey tim lain, atau misalnya, warnanya membahayakan mata pemain, tetapi lebih ke urusan bisnis sponsor aja. Karena pada akhirnya, di dunia olahraga, nggak ada tempat aman dari komersialisasi. Istilah lain, nggak ada pengiklan yang nggak hidup pertandingannya. Pilihannya ya mengorbankan jersey Cream City. 

NBA akhirnya melarang pemakaian warna krem sejak saat itu. Sampai mungkin nantinya ditemukan teknologi iklan digital yang nggak bikin distorsi kalau ada tim basket yang ingin memakai warna cream dan warna dekat dengan tone color lapangan basket.

Sebenarnya yang kena banned NBA itu nggak cuma Cream City sih Bro. Karena NBA melarang warna cream dan turunannya, dampaknya juga dirasakan Philadelphia 76ers, yang memiliki jersey City Edition dengan warna “perkamen”.


City Edition Philadelphia 76ers yang ikutan kena banned NBA. (Image by 76ers)

Sayang banget ya, padahal warnanya unik dan soft banget. Tapi apa boleh buat sih, peraturan karena urusan sponsor kan harus tetap dipatuhi ya Bro! Ya, demi cuan apa pun bisa kalah lah. Lagian Bucks juga punya warna jersey yang lebih stand out secara warna, Gathering Place sebagai gantinya Cream City.

Alesan di-banned karena mengganggu iklan sponsor di lapangan NBA, ya jadinya masuk akal sih Bro!