Beberapa bintang NBA punya ritualnya sendiri-sendiri. Kalau Kyrie suka bakar daun sage, Wade melakukan pull up, Kevin Garnet nyundulin tiang basket, Steph Curry melakukan sprint pendek, nah kalau LeBron adalah main bedak. Selain bikin dia percaya diri pas main, LeBron punya tujuan khusus, yakni hiburan.

Awalnya standar, LeBron cuma pengen tangannya kering pas main. Namun, perlahan ritual ini dapat sambutan luar biasa dari penonton dan jadi bahan tiruan orang-orang. Ritual ikonik terus dilakukan LeBron sejak musim 2003. Namun, bukan bedak yang ganggu orang-orang sekitarnya, tapi selalu bedak bayi yang ia pakai. 

Sebenarnya bukan cuma LeBron aja yang main bedak atau kapur, Michael Jordan dan Kevin Garnet juga melakukan. Namun, gak sesering dan gak semenarik yang dilakukan LeBron. Sama satu yang bikin LeBron terkenal karena bedak, sponsor.

 

Nike yang pertama, dengan meluncurkan Zoom LeBron VI dan diberi kode chalk alias kapur. Tidak hanya Nike, NBA 2K14 juga memiliki LBJ yang melemparkan kapur sebagai iklan mereka. 

Jadi gak cuma iseng atau biar tangan kering aja, buat LeBron main bedak ternyata jadi personal branding yang jadi duit.