Di dunia perbasketan nasional atau pun internasional, sepatu merupakan salah satu kunci sukses para pemain untuk bisa mendukung mereka dalam melakukan berbagai aksi di lapangan. Mereka butuh tumpuan kaki yang nyaman untuk lompat, lari, ngerem mendadak, melangkah dan tujuan utamanya supaya nggak gampang cidera kaki. Karena olah raga basket bisa dikatakan permainan dimana pemainnya punya daya jelajah paling tinggi di lapangan jika dibandingkan dengan olah raga lainnya, sepakbola misalnya. Karena daya jelajahnya yang cukup tinggi itulah harus di-support sepatu super nyaman, mewah dan tentunya keren-keren ketika dipakai pemain NBA. Bahkan sepatu yang dipakai pemain NBA ini jadi salah satu patokan buat fans-nya untuk ikutan juga pengen pakai. 

banner-ads

Tapi lo tau nggak bro, sepatu yang mereka pakai itu nggak cuma sekedar keren doank, sebenarnya sepatu mereka itu udah sangat disesuaikan dengan karakter kaki dan pribadi pemain masing-masing. Makanya keliatan keren banget pas mereka pakai. Setuju ya?

Nah, ini ada tips penting buat para Ballers kalau mau milih sepatu supaya nggak cuma kerasa keren doank di kaki, tapi juga nyaman dan bisa dukung aksi kalian di lapangan basket. Simak beberapa tipsnya ya!

Baca Juga: Got Banned by the NBA!

1.    Ukur kaki dengan benar

Hal paling penting sebelum membeli sepatu. Karena setiap orang punya ukuran kaki berbeda. Langkah pertama, ukur panjang kaki dari jari paling panjang sampai tumit paling belakang. Jangan lupa juga ukur lebar kaki dari bagian paling lebar di telapak kaki. Itu cara paling bener buat dapetin ukuran kaki. 


Begini cara ngukur yang bener ya bro!. (images : tomsshoes.ca)

2. Cek Juga Ketinggian Upper

Sepatu basket ada tiga tipe upper kan Bro, ada High Top, Mid-Top, dan Low Top. Tipe upper ini ditentukan oleh gaya permainan dan pilihan. Sedikit kita jelasin tiap-tipenya ya.

High Top: Tipe ini biasa punya ciri khas melindungi bagian ankle, dan juga paling mempunyai stabilitas yang bagus. Tapi karena materialnya lebih banyak, model ini biasanya lebih berat.

Mid-Top: Modelnya cuma sebatas ankle, biasa orang yang pakai tipe ini buat bikin makin lincah di lapangan karena sepatunya lebih ringan dari High Top.

Low Top: Model ini paling ringan di antara model upper lainnya. Sepatu basket ini buat mendukung kelincahan dan kecepatan di lapangan, tapi nggak nggak aman buat ankle.


Kaya gini ni gambarannya soal upper itu bro! (images : blog.finishline.com)

3. Gaya Main

Gaya main nentuin lo harus pakai sepatu apa. Apakah lo power player atau posisi guard. Buat gaya main power player, cocoknya  jenis high top buat mencegah cedera di bagian ankle. Kalau lo penyerang yang gesit atau guard, sepatu yang cocok low top karena butuh speed dan kelincahan. Kalau gaya all around player yang sering jelajah lapangan, lo butuh sepatu jenis mid top. Ini hanya semacem unwritten rules aja, gak salah juga kok kalo seorang power player pakai sepatu mid atau low top.


Nah, posisi lo ada di mana menentukan jenis sepatu yang bakalan lo beli. (images : rebelsport.com.au)

4. Utamakan kualitas

Asal keren doank sih banyak Bro, tapi inget main basket itu yang pertama adalah butuh sepatu yang bisa dukung lo tampil ciamik di lapangan, jadi pilih yang berkualitas dan nyaman. Pilih jenis sepatu berventilasi agar selama pertandingan kaki lo bisa bernapas lega. 


Nggak cuma keren, tapi pilih yang nyaman buat kaki lo bro. (images : thehoopsgeek.com)

5. Bantalan bagus dan empuk

Buat kalian, pasti akan lebih nyaman sama yang empuk-empuk kan. Nah itu penting banget buat melindungi kaki dari cidera. Jadi,  coba cari sepatu basket yang ketika dipakai melompat dan mendarat kembali terasa meredam benturan di kaki.


Kalau udah loncat, pastikan mendaratnya aman ya. (images : blog.decathlon.in)

6. Nyaman di kantong

Banyak tips penting buat diperhatikan ya Bro! Inget ya, tetap harus sesuai dengan budget kalian ya. Pastikan juga nyaman di kantong. Percuma udah nyaman di kaki kalau kantong ngejerit liat harganya. Tapi tenang, bisa kalian akalin belinya pas diskon akhir tahun atau hari raya atau harbolnas mungkin.


Emang paling bener nunggu diskon! (images : thehoopsgeek.com)

Gimana? Udah siap-siap ukur kaki kalian sesuai tips di atas? Nah, tinggal tunggu diskon akhir tahun kalau gitu ya. Gaskeeunnnn!!!