Desember lalu, Steph Curry berhasil memecahkan rekor 3 poin Ray Allen sepanjang masa NBA hanya dalam 789 game. Momen ini jadi salah satu yang terspesial di NBA sepanjang 2021. Namun, bagaimana latihan Curry sehingga bisa melakukan itu, apalagi secara konsisten?



Bruce Faster, asisten Steve Kerr, adalah salah satu orang yang menemani Curry latihan. Dia bercerita, suatu saat Warrior kalah dengan Spurs, dan Curry “hanya” menembak 5 dari 17 pada jarak 3 poin. Hari berikutnya, dia datang latihan lebih awal dan mencoba 100 lemparan 3 poin, hasilnya adalah 93 masuk!



Suatu saat ada juga orang yang tanya kepada Fraser, berapa banyak operan dia buat Curry? Apakah 100.000? Fraser lalu benar-benar menghitungnya benar-benar melalui video. Hasilnya, tiap latihan dia biasa mencoba 300-500, lalu ada juga sesi tembak-menembak saat pagi. Totalnya, kata Fraser, menghasilkan hampir 200.000 operan setiap musim. Jadi kalau dari 2014, pastinya sudah jutaan kali.



Kemudian ada satu lagi, Steph Curry suka latihan menggiring bola basket dengan satu tangan dan dengan tangan lainnya melempar bola tenis ke depan dan ke belakang untuk melatih handling. Dia juga mengenakan kacamata yang lensanya tampak berkedip hitam untuk melatih fokus dan visinya. Menurut pelatihnya, Brandon Payne, kacamata adalah salah satu alasan terbesar mengapa Curry bisa memecahkan rekor tiga poin dan menjadi MVP liga dengan suara penuh pertama dalam sejarah.