Kalau ngomongin sneaker di custom, Digambar ala-ala sesuai kepribadian atau kesukaan kita sama sesuatu, tren ini baru dimulai di Indonesia mungkin dalam beberapa tahun ke belakang. Sekitar 7 atau 8 tahun ke belakang kali ya ballers. Dimulai dari cuma gambar-gambar diatas sepatu canvas kaya vans, akhirnya sneakers custom khusus untuk sepatu basket mulai bermunculan di Indonesia.

Beda cerita kalau di Amrik, disana tren ini udah ada mungkin dalam 20 tahun terakhir. Dari yang cuma nambahin logo di sepatu basket, warna yang nyeleneh, atau potret dari anggota keluarga yang disayang, sampai sepatu yang dirubah dengan kombinasi yang gak masuk akal!

Adalah Mache dan Shoe Surgeon dua legenda custom sneakers dunia yang karya-karyanya pernah kita liat di lapangan, atau sekedar dipakai sama publik figure di Amrik.


Mache adalah salah satu orang yang bisa menghadirkan keajaiban di snekaers, hampir semua klien Mache adalah orang-orang dengan status sosial yang tinggi, sebut aja Lebron James, Dwayne Wade, Ray Allen dan masih banyak lainnya.

Sedangkan Dominic Ciambrone atau Shoe Surgeon adalah seorang jenius yang mampu menyatukan ide-ide gila dari sepatu yang ia custom dan menjadikan kombinasi yang Damnn! Keren banget!

Coba kalau kalian paling suka custom artist siapa nih ballers?