Kalau disebut pusatnya skateboarder, di tahun-tahun sebelumnya orang pasti langsung memikirkan Los Angeles, New York City, atau bahkan Barcelona di Spanyol. Namun, baru-baru ini ada yang unik ketika Mexico City muncul sebagai destinasi skateboarding terbaik.

Ada banyak skatepark dibangun, berkembangnya komunitas, dan Mexico City jadi destinasi skateboarder internasional untuk mengasah skill mereka. Dulu, orang Meksiko pergi ke Amerika buat beli peralatan skate, sekarang orang bisa beli apa saja di sini. Bahkan Mexico City dijuluki sebagai tempat paling ramah skating. 

Dua hal yang menggerakan itu semua. Pertama, pemerintah Meksiko yang gencar-gencaran membangun skatepark sejak 1980. Kedua, komunitas skateboarder perempuan yang sangat besar, bahkan ada juga kelas skate untuk anak perempuan dari berbagai kalangan. Jadi, gak ada bias gender apa pun buat para skateboarder di Mexico City. 

Salah spot paling terkenal adalah yang dibangun Nike Skateboarding bersama pemerintah Meksiko di tahun 2014, sebuah skatepark yang terinspirasi oleh Aztec. Kemudian, Vans yang membangun skatepark besar di lingkungan Mixcoac. Namun, yang paling terasa ada atmosfer kesetaraan yang kuat di benak skateboarder.