Buat kalian para skaters, pasti tahu trik-trik kayak 360 flip atau ollie kickflip. Namun, tahu gak kalau itu semua kreasi Godfather-nya Skateboarding Modern, Rodney Mullen? Gak cuma itu aja, Mullen juga bikin lebih dari 30 trik yang populer hingga sekarang.

Lahir di Florida, tahun 1966, Mullen dibesarkan oleh seorang ayah dokter gigi dan ibu seorang pemusik. Pada mulanya, ayahnya selalu melarangnya bermain skate karena menganggap itu berbahaya. Namun, meskipun Mullen sering cedera, tak menghalanginya untuk tetap berlatih dan berlatih.

34 piala dan juara nasional tahun 1979 adalah jawaban untuk ayahnya. Berlanjut hingga ia juara dunia di usia 14 tahun dengan mengalahkan Steve Rocco di ajang Oasis Pro Freestyle Contest.

Sepanjang 80-an, Mullen menjelma jadi legenda. Dia tak hanya pemain skate, tetapi trendsetter yang mempopulerkan kultur skate di Amerika. Tahun 90-an, bersama Plan B ia memperkenalkan trik-trik legendaris, slide casper, underflip kickflip, hingga darkslide.

Tahun 2000-an adalah masa-masa ia menjadi pengusaha skater besar, bersama Daewon Song. Sementara hingga 2010-an dan kini, ia menjelma seorang filsuf skate yang ditunggu-tunggu petuahnya. “Skateboard itu adalah seni berekspresi, bukan cuma sport,” salah satu petuahnya yang melegenda.