Skateboard (Papan Luncur) adalah olahraga action yang berasal dari Amrik. Dengan menggunakan media papan beroda, sejak 1970 an, Skateboard ini berevolusi dengan sangat cepat dan masif. Dimulai dari meledaknya seri game “Tony Hawk Pro Skater” di Playstation kaya agak gak mungkin deh kalian gak mengenal olahraga ini.

Di Wikipedia, skateboard diartikan sebagai olahraga rekreasi, sebuah seni, industri hiburan, dan moda transportasi (buat mereka yang berjiwa urban).

Pada tahun 2009, sebuah laporan bilang kalo pasar Skateboard dunia itu bernilai kurang lebih 4.8 juta dollar! Gokil itung sendiri ya berapa rupiahnya ballers, kalkulator bromin ga snyampe angkanya hahahaha

Dengan total lebih dari 11 juta penikmat skate aktif yang tersebar di seluruh dunia, gak heran sih nama-nama besar kaya Tony Hawk, Eric Koston, Paul Rod, Nyjah Huston, dll punya banyak fans setia di seluruh dunia. 

Pada 2016 diumumkan kalo skate akan dipertandingkan di Tokyo Olympic 2020. Sayang dikarenakan pandemi, Skateboard harus menunggu hingga tahun ini baru akan dipertandingkan disana.

Buat banyak skater, pencapaian olahraga ini masuk ke Olimpiade pastinya sebuah anugerah ya ballers, sama kaya semboyannya 3x3 basketball “From streets to the Olympic”, karena ketika lo bisa mewakili negara dengan apa yang lo cintai kan pastinya punya kebanggan tersendiri toh.

Ayo coba siapa yang anak basket tapi bisa maen skate juga?