Kecil-kecil cabai rawit. Ungkapan yang pas buat Sanggoe Dharma Tanjung. Salah satu atlet Indonesia termuda asal Bali yang terdaftar mengikuti ajang olahraga bergengsi Asian Games 2018. Ia juga menjadi skater Indonesia pertama yang gabung di tim brand skate AS, Flip Skateboards, yang berlaga di Street League Skateboarding (SLS bareng beberapa nama beken seperti Bob Burnquist, Tom Penny, dan Arto Saari. Buat skater Indonesia pasti tahu Flip Skateboards itu apaan ya. Dia ini perusahaan skateboard internasional yang berbasis di Amerika Serikat, memproduksi skateboard plus aksesoris dan kaos.

banner-ads

Flash back sedikit kenapa Sanggoe punya ketertarikan ke skate, itu berawal dari hanya melihat orang yang bermain skate di skate bar (tempat bermain skate board) milik om-nya di Bali. Dari itu hasratnya untuk bermain skate dimulai. Awalnya coba-coba, lama-lama Sanggoe pun ikut bermain skateboard.


Sanggoe kecil nampak happy di antara deretan skateboard yang terpajang di dinding. Instagram/@sanggoee

Baca Juga: Score Paling Impresif Yang Pernah Ada!

“Saya tertarik dengan skateboard itu di usia 5 tahun dan udah maen skateboard. Om saya sudah bikin skatepark di Bali dulu, terus saya datang ke sana setiap hari, pengen aja nyoba,” kata Sanggoe seperti dikutip dari Kompas TV, Sabtu, 10 Maret 2018.

Mengenal papan luncur sejak usia 5 tahun, membuat Sanggoe Dharma Tanjung bisa tampil di berbagai kejuaraan internasional dengan mengikuti kejuaraan skateboard di berbagai belahan dunia. Dari sinilah ia mendapatkan beberapa gelar kejuaraan dunia. Antara lain Peringkat 3 ‘FISE World Malaysia 2014’, Peringkat 3 ‘X Games 2015’ di China, Peringkat 2 ‘Asian Skateboarding Men Street Final 2016, Peringkat 2 ‘Asian Games Street Men Street 2018’, dan Peringkat 1 ‘Southeast Asia Games Street Men 2019’. The latest, doi juara di acara Supaskatesboarding x Urbansenakersociety 2022 kemaren. Sebagai atlet papan luncur, Sanggoe kini berada di peringkat 549 dunia.

Atas prestasi tersebut, skateboarder berusia 20 tahun ini dilirik beberapa sponsor ternama seperti New Balance Numeric, Volcom, Oakley, Spitfire, dan Ele Hardware.

So, Bro! Jangan pernah mandang sebelah mata dunia skateboard. Selain bisa bikin lo famous, punya banyak prestasi harumkan negeri di mata skate dunia, yang pasti, cuan lo pasti banyak broooo!


Sanggoe Dharma Tanjung mengasah skill skateboard-nya nih. Foto: RedBull.com

Gimana? Tertarik buat mulai main skateboard sejago Sanggoe? Bisa banget dicoba nih! Buruan meluncuuurrrr!