NBA tahun ini bakalan mengganti nama penghargaan untuk pemain terbaik NBA, termasuk penghargaan NBA Most Valuable Player (MVP) yang ganti nama jadi Michael Jordan Trophy. Nggak cuma penghargaan NBA MVP yang ganti nama, lima penghargaan lain juga diubah, mulai dari NBA Clutch Player of the Year jadi The Jerry West Trophy, NBA Defensive Player of the Year jadi The Hakeem Olajuwon Trophy dan NBA Rookie of the Year njadi The Wilt Chamberlain Trophy. 

banner-ads

Selanjutnya ada penghargaan NBA Sixth Man of the Year diubah jadi The John Havlicek Trophy serta penghargaan NBA Most Improved Player of the Year berganti menjadi The George Mikan Trophy. 

Penggunaan nama legenda NBA dalam penghargaan tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para legenda NBA. Koleksi trofi baru ini juga bertujuan sebagai bentuk  merayakan pemain terhebat dan paling berpengaruh dalam sejarah NBA. Saat memberikan penghargaan kepada para pemain top liga setiap musim, itu artinya juga memberikan penghormatan kepada para legenda yang mewujudkan penghargaan bergengsi ini.

Baca Juga: Skater Indonesia Pertama yang Join Flip Skateboards!

Kita ulas tipis-tipis tropi baru NBA hasil rancangan Victor Solomon ini.

The Michael Jordan Trophy
Awarded to the Kia NBA Most Valuable Player

Trofi perunggu menampilkan pemain yang keluar dari batu untuk meraih batu pamungkas - bola basket kristal. Dari bawah ke atas, patina trofi lebih mengkilap - "raw to refined" - simbol kerja keras dan sebuah progres MVP dari memasuki liga untuk mencapai individu terbaik di NBA. Jangkauan trofi melambangkan pengejaran tak berujung MVP untuk pencapaian terbaik.

  • Trofi berdiri setinggi 23,6 inci dan berat 23,6 pon, mewakili nomor jersey Jordan (23) dan nomor kejuaraan NBA (6).
  • Basis lima sisinya mengacu pada lima MVP liga Jordan.
  • Lencana berbentuk enam sisi, mengacu pada enam kejuaraan NBA Jordan.
  • Sudut dasar 15 derajat menunjukkan 15 musim karir Jordan.
  • Bola basket kristal terdiri dari 23 poin, sesuai dengan nomor jersey Jordan.

The Jerry West Trophy
Awarded to the Kia NBA Clutch Player of the Year

West adalah juara NBA, NBA All-Star 14 kali, NBA Finals MVP, NBA All-Star Game MVP, pemilihan Tim All-NBA 12 kali dan anggota Tim Ulang Tahun NBA ke-35, ke-50, dan ke-75. Selama musim 1971-72, West memimpin Lakers mencatat 33 kemenangan musim reguler berturut-turut dan kejuaraan NBA.

Trofi tersebut menampilkan pemain NBA yang melakukan tembakan lompat, meniru bentuk sempurna West saat melakukan aksi di lapangan.

The Hakeem Olajuwon Trophy
Awarded to the Kia NBA Defensive Player of the Year

Dominasi pertahanan membantu menentukan karir Hall of Fame Hakeem Olajuwon. Dua kali NBA Defensive Player of the Year dan sembilan kali seleksi NBA All-Defensive Team, Olajuwon adalah pemimpin liga sepanjang masa dalam tembakan yang diblok dan peringkat kesembilan dalam steal. Dia juga juara NBA dua kali, NBA All-Star 12 kali, MVP liga, MVP Final NBA dua kali, pemilihan Tim All-NBA 12 kali dan anggota Tim Ulang Tahun ke-50 dan ke-75 NBA.

Trofi menampilkan pemain dalam posisi bertahan klasik dengan satu tangan ke atas dan satu ke bawah, lutut ditekuk dan siap untuk bergerak.

The Wilt Chamberlain Trophy
Awarded to the Kia NBA Rookie of the Year

Pebasket legendaris NBA yang mengaku pernah tidur dengan 20 ribu wanita selama hidupnya ini, pada Musim 1959-60 Wilt Chamberlain tidak tertandingi untuk rookie NBA. Chamberlain mencetak rata-rata 37,6 poin dan 27,0 rebound dalam 46,4 menit per game untuk Philadelphia Warriors, memenangkan penghargaan Rookie of the Year dan MVP. Karirnya meliputi dua kejuaraan NBA, 13 pilihan NBA All-Star, empat MVP liga, 10 pilihan Tim All-NBA, MVP Final NBA dan Tim Ulang Tahun ke-35, ke-50 dan ke-75 liga.

Trofi tersebut menampilkan seorang pemain yang memegang dua bola basket sekaligus.

The John Havlicek Trophy
Awarded to the Kia NBA Sixth Man of the Year

John Havlicek merupakan mantan pemain yang bertanding selama 16 musik bareng Boston Celtics, menangin 8 titel juara NBA, 13 pilihan NBA All-Star, 11 pilihan Tim All-NBA, NBA Finals MVP, delapan pilihan NBA All-Defensive Team dan Tim Ulang Tahun ke-35, ke-50 dan ke-75 liga.

Trofi menampilkan pemain yang diangkat dan menembak sambil melakukan lompatan lari, simbol dari dorongan yang diberikan oleh pemain kepada timnya.

The George Mikan Trophy
Awarded to the Kia NBA Most Improved Player of the Year

Gerakannya yang terkenal dengan julukan "Mikan Drill" telah digunakan selama beberapa dekade oleh pemain di semua level. Karir Hall of Fame-nya termasuk lima kejuaraan NBA dalam tujuh musim, empat pilihan NBA All-Star, NBA All-Star Game MVP, enam pilihan untuk Tim All-NBA dan dimasukkan dalam Tim Hari Jadi ke-25, 35, 50, dan ke-75 NBA.

Kira-kira siapa yang bakal menyabet penghargaan bergengsi di ajang NBA ini? Pantau buat update-nya di instagram la_streetball ya Bro!