China, kiblat basket asia udah ngirim beberapa perwakilannya ke liga tertinggi basket dunia (NBA). Basket jalanan yang mengakar sampai ke level grassroot jadi salah satu kunci penting perkembangan basket di China. Tapi ternyata di awal 2000 an basket jalanan sempat dipandang sebelah mata.banner-ads



Kebangkitan streetball di China nggak lepas dari andil Wu You aka More Free. Pria yang jatuh cinta dengan streetball karena nonton iklan HipHoop dari Nike ini mulai mengasah streetball skills nya dan tampil di berbagai kesempatan. Videonya yang viral waktu Morefree nantang pemain-pemain NBA untuk 1on1 ngebawa Streetball jadi hype lagi di China.



Pria yang memiliki tinggi hanya 170 cm ini bisa ngelakuin Dunk yang gak masuk akal ditambah skill handles yang out of the box, buat dia makin disegani di skena streetball china. Dia lalu buat event Sunday Sunset Tounament di lapangan basket Dongdan. Turnamen yang lengkap dengan slamdunk contest, MC, Trashtalk dan streetball culture lainnya ini menjadi salah satu turnamen yang paling influential di China.

Turnamen ini pun kemudian menarik banyak sponsor danmedia.cStreetball di China menjadi sebuah komoditi yang menarik buat pasar. Sejak itu lapangan basket Dongdan udah didatengin beberapa pemain NBA. Para streetballer China pun mulai dapat pemasukan dari sponsorship dan endorsement dan ekosistem ini perlahan jadi industry yang sehat buat para streetballer. Living the dream outside the league bukan lagi mimpi buat para streetballer.

China udah nunjukin ke kita bahwa streetball punya potensi yang luar biasa besar buat jadi industry yang mateng. Semoga Indonesia menyusul dan bisa buat industry streetball ini lebih gede lagi ya ballers!