Awal Mula Dibentuknya Dream Team

banner-ads

21 September 1991 jadi saksi sejarah lahirnya tim olahraga yang disebut-sebut terkuat sepanjang masa. Federasi Basket Amerika Serikat bikin timnas buat Olimpiade 1992. Kenapa? Yah masalah pride negara super power aja sih yang nggak pernah mau kalah. Mereka gak mau kejadian kelam di Olimpiade 1988 dimana mereka hanya mendapatkan medali perunggu terulang lagi. Kalau bisa dibilang, THE DREAM TEAM dibentuk karena urusan politis,  ya udah pasti. 

The Dream Team pertama kali di-announce live di TV Nasional Amerika NBC Special. Cuma 10 personil aja nih yang diumumin. Sisanya baru diumumin setahun setelahnya, yaitu Christian Laettner dan Clyde Drexler.

Baca Juga: Ade-Adeannya Curry, Impiannya Ade-Adean Kita Semua!

A Dream Team of Stars

Skuad The Dream Team of Stars. Source:David Fewell / Heritage Auctions via AP

Kalau diibaratkan MCU, ini tuh kaya film Avenger di mana semua superhero dikumpulin dengan kekuatannya masing-masing buat melawan musuh. Harapannya, musuh dengan mudah dikalahkan. Ini dibuktikan saat menghadapi tim nasional Kroasia. Sebagai tim terkuat Eropa kala itu, Kroasia tampil cukup bikin repot The Dream Team pada babak-babak awal. Namanya juga The Dream Team, malu donk kalau kalah ya. Akhirnya game ditutup 117-85 di atas Kroasia dan pulang membawa Medali Emas di Olimpiade Barcelona 1992.

Jadi, kebayang kan bro sekuat apa The Dream Team pada era itu. 

Tapi loe tau nggak tim sehebat itu pernah kalah sama tim anak kualiahan? Yak, betul! Walaupun rata-rata menang dengan margin skor diatas 40 poin, pas Pre-eliminary Scrimmage The Dream Team pernah dilibas sama tim kampus nasional Amerika! 

Bahkan gosipnya, nggak ada pers yang hadir di pertandingan, hal yang mustahil banget terjadi di mana bisa akan ada headline di koran, “all-stars perguruan tinggi mengalahkan "The Dream Team," 62-54.” Hal ini pastinya bisa membuat hype The Dream Team hancur. Desas-desusnya lagi, Daly menyuruh pencatat angka buat menghapus skor sebelum pers masuk. 

Tetapi katanya bukan soal score, Daly mau ngasih tau sehebat apa pun tim di dunia ini, bisa kalah pada hari tertentu kalau main cuma mentingin ego masing-masing. Dan Daly ngasih unjuk di hari itu. Secara konspirasinya, permainan ini sengaja dibikin kalah sama strategi Daly supaya anak-anaknya ga asik main sendiri.

Tapi pada hari berikutnya, mereka melakukan pertandingan ulang. Jordan bareng timnya berhasil menguasai lapangan, mereka solid, main sebagai The Dream Team seharusnya dan menumbangkan semua pemain bintang kampus.

Walau pun pernah kalah dari anak kampus, The Dream Team meluncur ke Olimpiade dan pulang membawa Emas.

Ternyata The Dream Team di bayangan kita kaya kumpulan superhero, bisa kalah juga ya. Pesan buat kita semua, kalau udah ngerasa jago banget, jangan sombong. Hahhahah!

Favorit lo siapa Bro? Tentunya selain the #GOAT ya 🤪