Nggak jarang di 3 season kebelakang kita liat di media sosial tiupan-tiupan wasit NBA yang kontroversial. Mungkin di dalem hati kita bilang “Itu play foulnya dimana?”, “Masa gitu doang dieject?”. Nah ayo kita bedah, bener nggak sih NBA Refs getting soft these days?


Video di atas nge-highlight beberapa kejadian di mana pemain-pemain NBA kena technical foul, bahkan dieject karena pelanggaran sepele. Tapi sebenarnya secara jumlah tiupan wasit, justru di bola basket modern wasit  lebih jarang niup foul dibanding waktu era 70s, 80s ataupun 90s. Melansir dari basketballreference.com season 2012-2013 rata-rata wasit niup 19,97 foul per game, sementara pas season tahun 91-92 wasit niup 23,06 foul per game (on average).

 

Kalo kita liat dari data di atas emang sih wasit jadi lebih jarang niup foul di NBA. Tapi bukan berarti mereka ngelakuin tugas mereka dengan lebih baik. Sebagian besar ejection yang terjadi di musim ini ketika pemain ngasih gesture protes ke wasit. Banyak yang bilang ini kayak ”hurt the game” dan bikin NBA less enjoyable buat ditonton. Semoga ke depan kualitas wasit NBA meningkat dan kita bisa nonton game tanpa harus keganggu call-call yang annoying buat ditonton, Ballers!