Keterbatasan gear menjadi tantangan bagi para fotografer pemula. Terutama, karena keterbatasan dana untuk menambah koleksi gear, sedangkan skill harus terus diasah. Di saat seperti inilah kreatifitas diuji untuk memaksimalkan gear yang sudah dimiliki.

 

Apabila saat ini kamu sedang ingin mengasah skill dalam mengatur pencahayaan/lighting dengan softbox yang terbatas, baru-baru ini fotografer professional, Tony Corbell membagikan ilmunya dalam memanfaatkan 1 (satu) softbox untuk berbagai jenis lighting. Salah satu kuncinya terletak pada pemahaman kamu tentang efek dari kualitas, kuantitas dan arah cahaya dari softbox pada subjek foto. Memiliki pemahaman dan penguasaan tentang prinsip pencahayaan akan memudahkan dalam bermain dengan berbagai teknik pencahayaan yang kompleks.

 

Misalnya, dalam memotret portrait, sudut yang terbentuk dari posisi model akan mempengaruhi bagian yang terkena cahaya. Posisi yang tepat bisa membentuk efek rim lighting pada model. Kamu juga bisa memanfaatkan reflektor sedang sebagai atribut tambahan untuk mengurangi efek bayangan pada wajah model dalam pemotretan beauty shot. Reflektor ini juga bisa memperdalam detil pada model. Atribut lain yang bisa kamu manfaatkan adalah kain putih polos untuk menimbulkan efek menyerupai cahaya jendela.

Selamat berkreasi!

TAGS : Lensa

#LensaCommunity