Kali ini kita mau memberikan sebuah tips membuat hasil fotomu lebih artsy dengan cara yang cukup mudah dan murah. Fotografer Jesse David McGrady memberikan trik super sederhana yang tentunya kamu bisa lakukan juga untuk menambahkan efek kabur/blur yang halus untuk hasil fotomu.

Tidak memerlukan modal yang banyak kok, kamu hanya membutuhkan beberapa bungkus kantong plastik roti atau bening yang harganya jauh sangat murah dari harga filter lensa asli.

Pertama, siapkan beberapa kantong plastik roti atau sejenisnya yang bening. Kantong seperti itu banyak dijual di toko bahkan di warung juga ada. Di sisi kantong yang tertutup, gunakan tangan kita untuk membuat lubang dengan cara kantong dirobek. Jangan merobeknya dengan gunting atau cutter, karena untuk membentuk efek yang alami biarkan tepi lubang menjadi kasar, tidak rata dan sedikit acak.

Selanjutnya bungkus lensa kamera kamu menggunakan kantong plastik yang sudah disobek. Biarkan beberapa tepi kantong yang sobek menutupi tepian lensa tapi jangan menutup bagian tengah lensa ya. Jadi, tepi kantong sobek yang sedikit menutup tepian lensa itulah yang akan menimbulkan efek kabur/blur.

Untuk efek dengan warna lain kamu bisa menggunakan jenis kantong plastik dengan warna lainnya.


#LensaCommunity