Masih ngobrolin mengenai fotografi smartphone agar lebih maksimal. Sekarang kita lanjutkan yuk pembahasannya. Kalau di artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai aplikasi editing, dan menggunakan mode manual, sekarang coba bermain dengan shutter speed serta menggunakan fitur yang ada pada smartphone kamu

 

Bermain-main dengan Shutter Speed

Dengan shutter speed, kita bisa berkreasi dengan membekukan atau mengaburkan gerakan objek. Memotret cipratan air yang membeku atau gerakan melompat (levitation) bisa dilakukan dengan shutter speed tinggi. Beberapa smartphone terbaru mendukung shutter speed hingga 1/5000 detik loh. Selain itu, kita juga bisa membuat kilatan-kilatan cahaya dari lampu mobil yang bergerak bisa dilakukan dengan shutter speed rendah. Untuk bermain dengan shutter speed rendah, kita harus berbekal tripod khusus smartphone.

 

Gunakan Fitur Kreatif yang Tersedia

Smartphone “zaman now” banyak menyediakan fitur tambahan untuk berkreasi dengan maksimal. Ada yang menyediakan mode pemotretan beautification yang memudahkan aktivitas selfie secara cantik. ada juga yang menyediakan fitur-fitur mode instan yang unik seperti mode untuk memotret bintang bergerak (star trail), light painting, clone (menggandakan) objek, dan multiple exposure, dengan cara yang tidak merepotkan.

 

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu terapkan agar hasil foto menggunakan smartphone lebih keren. Selamat mencoba! (artikel by Yuliandi)


#LensaCommunity