Salah satu aspek terpenting Portrait Photography adalah memilih lokasi yang sesuai. Pilihan Anda akan mendorong semua keputusan lain tentang pemotretan, termasuk pencahayaan dan perlengkapan apa yang harus diambil, pakaian mana yang harus dikenakan subjek, dan pose yang paling tepat untuk digunakan.

Memotret di studio dengan latar belakang polos adalah pilihan yang populer, tetapi bisa jadi mahal, dan jenis pemotretan ini telah dilakukan jutaan kali. Anda biasanya bisa mendapatkan gambar yang jauh lebih menarik dengan menggunakan imajinasi Anda dan memilih lokasi yang tidak biasa.

 

Pilih Tempat yang Bermakna

Luangkan waktu untuk mengenal subjek Anda. Cari tahu tentang hobi dan tempat favorit mereka. Dengan menggunakan lokasi yang berarti untuk subjek Anda, Anda akan mendapatkan foto yang lebih pribadi dan bermakna. Sebagai bonus tambahan, mereka cenderung merasa lebih rileks, membantu Anda menangkap lebih banyak gambar yang terlihat alami.

Gunakan Pencahayaan Alami

Saat memotret di luar ruangan, penting untuk menghindari matahari tengah hari langsung karena ini menghasilkan bayangan yang sangat keras. Carilah beberapa warna terang, seperti pohon yang menjorok atau area duduk yang tertutup, di mana sinar matahari lebih lembut. Alternatifnya, lakukan pemotretan di pagi atau sore hari ketika matahari tidak terlalu kuat. Jika Anda memotret di dalam ruangan, coba posisikan subjek Anda di dekat jendela besar sehingga Anda dapat memanfaatkan cahaya alami yang tersedia.

Cari Tempat yang Aman dari Cuaca Buruk

Jika Anda memilih lokasi pemotretan di luar ruangan, selalu ada kemungkinan cuaca akan merusak suasana. Kadang-kadang, Anda hanya perlu mengambil kesempatan dan berharap tidak turun hujan. Untuk lebih amannya, cobalah untuk memiliki lokasi cadangan, jika cuaca berubah menjadi buruk. Cari lokasi yang memiliki tempat berlindung di dekatnya, seperti jembatan, panggung, atau kafe. Ini bisa menjadi penyelamat hidup selama hujan turun. Selain itu, akan membantu Anda menjaga diri, peralatan Anda, dan subjek Anda agar tetap kering!

Pilih Tempat Tenang

Tempat yang ramai, seperti kota atau taman umum yang sibuk, adalah salah satu lokasi terburuk untuk pemotretan potret. Anda akan terus-menerus menunggu orang-orang keluar dari bingkai dan menangani pertanyaan dari orang yang lewat. Menemukan lokasi yang tenang dan terpencil tidaklah sesulit kelihatannya. Jika Anda harus mengambil gambar di kota, keluar dari jalur - dengan bergerak hanya beberapa ratus meter. Anda biasanya dapat menemukan tempat di mana Anda dan subjek Anda dapat diatur tanpa terganggu.

Jangan Biarkan Lokasi Menjadi Titik Fokus Foto

Lokasi yang sesuai sangat penting dalam fotografi potret, tetapi selalu ingat bahwa itu bukan hal utama. Jangan biarkan lokasi Anda mengalahkan subjek Anda. Dari waktu ke waktu selama pemotretan, periksa foto yang diambil. Jika mata Anda lebih tertarik ke pemandangan daripada subjek, Anda terlalu menekankan pada hal yang salah. Teknik yang sederhana dan efektif adalah membuka aperture lensa Anda dengan baik dan lebar. Ini membuat latar belakang tidak fokus, mencegahnya agar penikmat foto tidak salah fokus, menciptakan rasa kedalaman dalam adegan, dan menarik perhatian pemirsa ke subjek utama.

 

Memilih lokasi potret yang efektif membutuhkan waktu dan pemikiran, tetapi itu adalah sesuatu yang harus selalu Anda pikirkan matang-matang. Dengan demikian, Anda akan dapat menceritakan kisah dalam foto Anda, dan menangkap esensi kepribadian subjek Anda untuk menghasilkan foto pribadi yang jauh lebih menarik. Nah, siapkah Anda mencoba lebih dekat dengan subjek Anda?

TAGS : Lensa camera

#LensaCommunity